Gagasan Baru Bupati ‘Kandaku Rindu’, Pengantin di PALI Tak Pusing Urus Adminduk

Gagasan Baru Bupati ‘Kandaku Rindu’, Pengantin di PALI Tak Pusing Urus Adminduk

Bupati PALI, Dr Ir H Heri Amalindo MM, saat menghadiri resepsi pernikahan di PALI belum lama ini. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALI, SUMEKS.CO - Gagasan baru Bupati PALI, Dr Ir H Heri Amalindo MM, untuk pengantin anyar di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) saat melangsungkan pernikahan dijamin tidak akan kesulitan lagi dalam mengurus administrasi kependudukan (Adminduk).

Pasalnya, orang nomor satu di PALI melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) telah meluncurkan inovasi ‘Kandaku Rindu’ atau Pernikahan Dapat Data Kependudukan diantar Dukcapil, yang tentunya mampu meringankan beban terhadap pasangan pengantin.

Inovasi Kandaku Rindu tersebut memudahkan pasangan pengantin baru ketika melangsungkan pernikahan yang secara otomatis mendapatkan administrasi kependudukan seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK) baru.

Bahkan Adminduk yang telah dikeluarkan langsung diantar oleh Dinas Dukcapil ke lokasi dimana pasangan baru berada. 

BACA JUGA:Disdukcapil Banyuasin Siapkan 2 Mobil Pintar, Pelayanan Jemput Bola Kepada Masyarakat

Bukan hanya Dinas Dukcapil yang mengantarkan Adminduk pasangan pengantin baru, Bupati Heri Amalindo pun sesekali terjun langsung menyerahkan data kependudukan terhadap pasangan pengantin baru. 

"Inovasi Kandaku Rindu merupakan terobosan pelayanan di Dukcapil PALI dalam mempermudah masyarakat mengurus data kependudukannya," terang Bupati.

Dengan adanya Inovasi tersebut, Bupati berharap masyarakat yang baru saja melangsungkan pernikahan tidak harus repot datang ke Dukcapil untuk mengurus data kependudukan yang pasti berubah pasca menikah. 

"Nah, pada saat melangsungkan pernikahan diantar langsung 2 buah KTP baru untuk kedua mempelai dan 3 lembar KK, masing-masing KK pasangan pengantin, KK orang tua mempelai laki-laki dan KK orang tua mempelai perempuan,” katanya. 

BACA JUGA:Antusias Calon Pengantin Wyndham Opi Hotel Palembang di Sumsel Wedding Expo – Palembang Icon Mall

“Harapan kami inovasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," harap Heri Amalindo yang telah menyatakan siap maju menjadi calon Gubernur Sumatera Selatan 2024 mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil kabupaten PALI Rizmaliza menjelaskan, bahwa inovasi Kandaku Rindu mendapat apresiasi dari pemerintah pusat, dan saat ini telah masuk Top 9 kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB RI tahun 2023 ini.

"Masuknya inovasi Kandaku Rindu pada Top 99 ini menandakan bahwa terobosan itu manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: