Lolly Ingin Kaum Muda Ambil Peran Aktif Dalam Kawal Proses Demokrasi

Lolly Ingin Kaum Muda Ambil Peran Aktif Dalam Kawal Proses Demokrasi

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menyatakan kaum muda wajib ambil peran dalam Pemilu Serentak 2024, di Cianjur, Jawa Barat, Rabu 9 Agustus 2023.--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang diadakan oleh anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lolly Suhenty memiliki tujuan untuk mendorong masyarakat agar aktif dan berperan dalam proses Pemilu Serentak yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Pemilu Serentak mengacu pada pemilihan umum yang menggabungkan beberapa jenis pemilihan sekaligus, seperti pemilihan presiden, pemilihan anggota legislatif, dan pemilihan kepala daerah, yang diadakan dalam waktu yang relatif bersamaan.

Pesan yang disampaikan oleh Lolly Suhenty menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam memastikan bahwa proses pemilu berjalan dengan transparan, adil, dan demokratis.

Lolly menyatakan peran tersebut adalah ikut aktif melakukan pengawasan dalam tiap tahapan pemilu.

BACA JUGA:Mempermudah Layanan dan Tingkatkan Keselamatan, Kapolres Pagaralam Ujicoba Lintasan Baru Ujian Praktek SIM

"Kaum muda harus ikut ambil peran dalam pemilu. Bergerak melakukan kerja-kerja guna memastikan demokrasi lebih baik," kata Lolly di Cianjur, Jawa Barat, Rabu 9 Agustus 2023.

Pertemuan sosialisasi pengawasan partisipatif memiliki potensi besar untuk membentuk komitmen dan keterlibatan kalangan muda dalam mengawal dan mengawasi setiap tahapan pemilu.

Pendidikan dan pemberian pemahaman kepada generasi muda mengenai pentingnya demokrasi, pemilu, dan peran mereka dalam memastikan integritas proses demokratis sangat penting untuk membangun masyarakat yang aktif dan bertanggung jawab.

"Pertemuan semacam ini penting karena akan ada titik kolaborasi Bawaslu dan masyarakat dalam mengawal proses demokrasi," tegasnya.

BACA JUGA:Jika Rahasia Ini Bocor Bisa Tutup Semua Bengkel Vespa, Ini Resep Mesin Vespa Lawas Tetap Bandel

Senada dengan Lolly, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat Nuryamah menginginkan tiap diskusi yang dilakukan Bawaslu dengan masyarakat dapat memberi titik temu demi melakukan pengawasan.

Sebab dia melanjutkan, kerja pengawasan Bawaslu sebagai salah satu pelaksana UU Pemilu sangat berat. Bawaslu menurutnya tidak hanya mengawasi, namun juga harus memastikan proses demokrasi berjalan sesuai regulasi yang ada.

"Jadi posisi masyarakat harus memiliki peran penting bersama Bawaslu dalam mengawal demokrasi berjalan lancar," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: