Tingkatkan Capaian Investasi dan Kemudahan Proses Perizinan

Tingkatkan Capaian Investasi dan Kemudahan Proses Perizinan

BIMTEK : Sekda Muara Enim Ir Yulius MSi membuka Bimtek Sosialisasi implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Dalam upaya meningkatkan capaian investasi dan memberikan kemudahan dalam proses perizinan berusaha.

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Muara Enim, menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Rabu 9 Agsutus 2023.

Acara Bimtek ini dihadiri Sekda Muara Enim Ir Yulius MSi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, narasumber dari berbagai perusahaan, serta perwakilan perusahaan besar dan UMKM dengan materi terkait tentang OSS RBA serta bagaimana pelaku usaha dapat mengakses dan memanfaatkannya secara efektif.

Sekretaris DPMPTSP Haryadi Mulyawan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bimtek ini adalah langkah konkret untuk mencapai target realisasi penanaman modal sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan menarik minat para investor untuk berinvestasi di Bumi Serasan Sekundang, dengan total peserta sebanyak 55 orang yang berasal dari Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) lingkup Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Tingkatkan Kapasitas SDM, Pemkab Muara Enim-BNSP Teken MoU Sertifikasi Tenaga Kerja

"Kami ingin memberikan bimbingan teknis kepada pelaku usaha, menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, dan memastikan kelancaran pelaksanaan penanaman modal," ujarnya. 

Sementara itu,  Sekda Muara Enim Ir Yulius MSi, menguraikan akan pentingnya investasi dalam perekonomian nasional khususnya bagi roda perekonomian di Bumi Serasan Sekundang.

"Peningkatan investasi adalah kunci pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan Muara Enim memiliki potensi besar dengan sumber daya alamnya," kata Yulius. 

Untuk itu, dalam rangka menciptakan lingkungan yang ramah investasi, dirinya menegaskan bahwasanya Pemerintah Kabupaten Muara Enim berkomitmen untuk memfasilitasi kemitraan antara Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan perusahaan besar. 

BACA JUGA:Antusiasme SMP Negeri 1 Kayuagung Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-78

Tentunya dengan menerapkan Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA). "Kemitraan ini akan meningkatkan peluang UMKM untuk naik kelas dan berkompetisi di pasar global," kata Yulius.

Untuk diketahui, Sebagai langkah konkret untuk mendukung investasi, sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) telah diimplementasikan sejak 9 Agustus 2021.

Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memangkas hambatan berusaha dan perizinan, guna mendorong iklim investasi yang lebih baik.

Dengan semangat ini, kata Yulius, DPMPTSP Kabupaten Muara Enim mengajak seluruh pelaku usaha untuk memanfaatkan kesempatan yang ditawarkan oleh OSS RBA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: