Mirip Selasih, Ini 7 Manfaat Luar Biasa Chia Seed yang Sayang Dilewatkan

Mirip Selasih, Ini 7 Manfaat Luar Biasa Chia Seed yang Sayang Dilewatkan

Chia sead yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Chia seed seringkali disebut mirip dengan selasih karena bentuknya yang serupa, namun ini jelas berbeda. Chia seed dari jenis tanaman mint dan selasih berasal dari basil.

Tanaman ini sebenarnya banyak menyebar di Amerika. Tetapi sekarang sudah banyak ditemukan di Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik yang paling diminati.

Chia seed memiliki ukuran yang kecil tetapi memiliki manfaat yang tidak main-main.

Kandungan yang terdapat dalam chia seed berupa karbohoidrat, protein, serat, omega 3 dan 6 disertai vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, selenium, kalium, zat besi, dan magnesium.

BACA JUGA:Cara Mudah untuk Menjaga Imun Tubuh, Selain Berolahraga

Luar biasanya lagi chia seed juga mengandung sejumlah zat antioksidan yang sangat berguna, seperti asam klorogenik, caffeic acid, quercetin, dan kaempferol.

Nah dari banyaknya kandungan tersebut apa saja sih manfaat yang bisa diambil jika mengkonsumsi chia seed ini? Simak beberapa manfaat berikut.

1. Mengontrol berat badan

Kandungan serat dan juga protein dalam chia seed dapat mengontrol sekaligus menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Selain Bermanfaat Untuk Lambung, Ini Manfaat Air Tajin Bagi Kesehatan

Itulah mengapa banyak yang menjadikan chia seed sebagai makanan yang dikonsumsi saat program penurunan berat badan atau dalam masa diet.

Chia seed juga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama jika dikonsumsi karena serat yang tinggi.

Selain itu kebutuhan protein yang ada pada chia seed dapat menurunkan nafsu makan dan jumlah asupan yang kamu konsumsi sehingga nafsu makan semakin terkontrol.

2. Meningkatkan sistem imun dan energi

BACA JUGA: Minyak Kelapa Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah? Ini Ragam Manfaatnya

Chia seed dipercaya dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kekebalan tubuh karena kandungan asam amino yang ada di chia seed.

Meningkatkan sekaligus mengoptimalkan sistem imun karena kandungan yang ada dalam biji-bijian ini diantaranya asam glutamat, aspartat, alanin, serin, dan glisin.

Kandungan zat besi, zink, magnesium dan vitamin B dalam chia seed ini dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh apalagi jika dikonsumsi setelah olahraga yang membuat tubuh banyak kehilangan energi.

3. Menangkal radikal bebas

BACA JUGA:Ternyata Minum Kopi Bisa Membuat Stamina Menjadi Prima, Cek Disini Syaratnya

Kandungan antioksidan yang terbilang tinggi dapat mencegah paparah radikal bebas.

Ini otomatis akan melindungi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan juga keadaan stress oksidatif.

4. Menurunkan kadar gula darah

Serat yang ada dalam biji chia seed dengan kombinasi senyawa lain dapat mengatur kadar gula dalam darah.

BACA JUGA: Catat! Ini 7 Minuman Sehat Kaya Elektrolit untuk Mencegah Dehidrasi

Senyawa tersebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mampu mengoptimalkan gula darah setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

Namun perlu diketahui manfaat ini akan terasa dan berefek dengan diselingi bersama pola hidup yang sehat dan juga pola makan yang terjaga.

5. Memelihara kesehatan jantung

Chia seed sangat baik untuk kesehatan jantung karena kandungan yang ada didalamnya seperti protein, serat, antioksidan dan juga zat baik lainnya.

BACA JUGA:Mengandung Banyak Nutrisi, Ini 5 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber bahwa chia seed ini akan melindungi dari kerusakan dan pengerasan pembuluh darah sehingga jantung akan terlindungi yang dibarengi dengan pola hidup yang sehat.

6. Menjaga kesehatan tulang

Beragam mineral yang terkandung dalam chia seed dapat memelihata kesehatan tulang bahkan mencegah dari berbagai kerusakan.

Kandungan tersebut diantaranya kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor yang menjadi sumber kebaikan dalam menutrisi tulang.

BACA JUGA:6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja, Tidak Boleh Abai

7. Menjaga sistem pencernaan

Seperti yang diketahui bahwa kandungan serat alami dari chia seed sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dalam hal pencernaan.

Ini juga dipercaya dapat sekaligus dapat meredakan gejala divertikulitis sehingga akan otomatis memperlancar per gerakan usus dalam perut.

Nah itu dia tujuh manfaat chia seed yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dengan beragam manfaat baik didalamnya.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

Untuk lebih mendapatkan manfaat yang maksimal dibutuhkan proses pengolahan yang benar karena disarankan untuk tidak dikonsumsi dalam keadaan kering.


Chia sead --dok : sumeks.co

Memiliki rasa yang hambat sama seperti selasih, sebelum mengkonsumsinya di perlukan perendaman hingga tekstur berubah jadi gel.

Beragam makanan dan minuman bisa dikonsumsi bersama chia seed seperti smoothies, salad, oatmeal, yogurt, pudding dan lainnya.

BACA JUGA:Coba 5 Tanaman Ini, Ampuh Mengatasi Gejala Diabetes

Kendati demikian ubtuk penderita kanker prostat sebaiknya tidak mengkonsumsi chia seed ini karena kandungan alpha linolenic yang dapat berisiko.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: