Gubernur Sumsel Buka Perkemahan Temu Karya Pramuka Madrasah Se-Sumsel

Gubernur Sumsel Buka Perkemahan Temu Karya Pramuka Madrasah Se-Sumsel

Gubernur Sumsel H Herman Deru membuka Perkemahan Temu Karya Pramuka Madrasha se-Sumsel di Kabupaten Muara Enim, Jumat, 4 Agustus 2023.--dok : sumeks.co

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Gubernur Sumsel Herman Deru resmi membuka Perkemahan Temu Karya Pramuka Madrasah Se-Sumatera Selatan Pengalang dan Penegak tahun 2023.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Bumi Perkemahan Green Land Park Bangko Barat, Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim, pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Herman Deru yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumsel pada kegiatan tersebut didaulat sebagai pembina upacara.

Dalam amanat yang disampaikan, Herman Deru berharap  Perkemahan Temu Karya Madrasah Tingkat Penggalang dan Penegak se-Sumatera Selatan Tahun 2023 menjadi ajang adu kreatifitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan. 

BACA JUGA:Herman Deru Bangga Sumsel Jadi Tuan Rumah Peparpenas X Tahun 2023

“Kakak, selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Sumatera Selatan, mengucapkan selamat kepada adik - adik yang  mengikuti kegiatan perkemahan dapat menanamkan, memupuk, dan mengembangkan keimanan kepada Allah SWT, membangun jiwa patriotisme serta menggalang kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia, rasa persaudaraan, kemandirian, kepedulian,komitmen dan tanggung jawab,” tegasnya.

Diakui juga oleh Herman Deru, tingkat pendidikan yang rendah, perekonomian masyarakat yang lemah, dan minimnya pengetahuan membuat pemberian gizi tidak sesuai dengan kebutuhan, dan akan berdampak stunting pada anak. 

“Saya berharap agar adanya dukungan penuh dari setiap lini khususnya Pramuka untuk kita bersama-sama turut serta dalam mensosialisasikan, menerapkan hidup sehat dan gizi cukup serta kemandirian pangan untuk mengatasi stunting,” tukasnya. 

Herman Deru juga berharap dalam kegiatan ini akan menghasilkan produk yang berbentuk kecakapan dari peserta, dan bukan hanya sekedar berkemah dan berwisata saja.

BACA JUGA:Herman Deru Ajak Ortu di Sumsel Selalu Bahagiakan dan Buat Anak-Anak Gembira

“Hasilkan produk seperti terbentuknya komunitas yang berkaitan dengan ekonomi atau juga implementasi GSMP, yang berupa pertanian sederhana di rumah tangga yang bekerjasama dengan dinas pertanian," tandasnya. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumsel, Dr Syafitri Irwan, SAg, MPdI dalam laporannya mengatakan perkemahan ini berlangsung dari tanggal 3 sampai 6 Agustus 2023. 

"Melibatkan peserta dari 16 kabupaten/kota se- Sumsel  tingkat pengalang (SMP/MTS) dan tingkat penegak (MA/SMA) se- Sumsel, dengan total peserta berjumlah 1.326 orang," jelasnya.

Tema kegiatan perkemahan ini yaitu “Melalui Gerakan Pramuka Kita Tingkatkan Sumber Daya Manusia Profesional dan Proporsional Menuju Sumsel Mandiri Pangan dan Bebas stunting”dimana merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Pramuka ke 60 tahun yang jatuh pada 14 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: