Festival Anjungan dan Pekan Adat, Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru Sumsel

Festival Anjungan dan Pekan Adat, Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru Sumsel

Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita HD saat pembukaan Festival Anjungan dan Adat Sumsel, Kamis, 3 Agustus 2023.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gubernur Sumsel, H Herman Deru menghadiri Festival Anjungan dan Pekan Adat ke-4 Tahun 2023 di Anjungan Dekranasda Jakabaring Palembang, Kamis, 3 Agustus 2023.

"Saya apresiasi festival anjungan dan pekan adat ini karena penyelenggaraanya sudah lebih baik dari festival sebelumnya," kata Gubernur Sumsel, pada pembukaan festival.

Dia juga meminta acara yang ada untuk lebih ditingkatkan lagi promosinya. Tujuannya agar lebih menarik minat pengunjung untuk datang ke Sumsel.

Herman Deru juga mengungkapkan rasa takjubnya melihat area anjungan yang memiliki infrastruktur lengkap sehingga layak menjadi lokasi berbagai event.

BACA JUGA:Herman Deru Bangga Sumsel Jadi Tuan Rumah Peparpenas X Tahun 2023

"Ini adalah pagar, disaat modernisasi dan untuk menjaga dari budaya asing yang masuk,” tukasnya.

Dalam kesempatan ini juga Herman Deru menugaskan secara khusus Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi, Kabupaten/kota agar beberapa infrastruktur yang sudah ada dijadikan destinasi bagi setiap wisatawan. 

"Anjungan ini  akan menjadi role model rumah adat berikutnya, jangan sampai diklaim orang lain,” tegasnya.

Selain itu tak lupa Herman Deru, mengingatkan agar dalam pelaksanaan pekan adat ini agar para ketua adat Kabupaten/kota untuk segera dibenahi kepengurusannya.

BACA JUGA:Herman Deru Ajak Ortu di Sumsel Selalu Bahagiakan dan Buat Anak-Anak Gembira

"Diaktivikasi kembali, seperti yang diketahui kepengurusan lembaga adat ini bukan hanya mengurus identitas organisasi tertentu, tapi juga untuk penahan agar tidak terpengaruh budaya lain," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD, mengatakan melalui kegiatan festival diharapkan  masyarakat dengan  mudah mempelajari adat istiadat asli Sumsel.

"Kami mengharapkan semua pihak terlibat memelihara anjungan ini, agar  tetap terpelihara,” tuturnya.

Ini berguna untuk menghidupkan kembali ciri khas Sumsel dengan menampilkan kearifan lokal melalui rumah adat dan anjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: