Curah Hujan Rendah, Forkopimca Cengal Patroli Daerah Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan

Curah Hujan Rendah, Forkopimca Cengal Patroli Daerah Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan

Patroli terpadu di daerah rawan Karhutla di Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Curah hujan yang rendah di wilayah Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Forkopimca Cengal lakukan Patroli di daerah rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kapolsek Cengal, Iptu Chandra Kirana, patroli bersama gabungan forkopimca ini dilaksanakan dengan alasan kondisi curah hujan yang sedikit rendah pada akhir Juli dan awal Agustus 2023 ini. 

"Curah hujan belakangan ini sudah rendah di Kabupaten OKI khususnya di Kecamatan Cengal, jadi patroli terpadu terutama di daerah rawan Karhutla," terang Kapolsek, Kamis 3 Agustus 2023.

Dia menjelaskan, patroli bersama ini untuk di dearah rawan atau sering terjadi Hotspot atau Fire Spot. Dimana patroli terpadu atau bersama ini tahap pertama 1 minggu kedepan di Agustus 2023.

BACA JUGA:Wabup Banyuasin Monitoring 2 Titik Jalan Poros, Hasil Pekerjaan Sesuai Dokumen Kontrak

"Dalam patroli terpadu ini bukan hanya forkopimca saja tetapi pemerintah Desa dan tim RPK perusahaan di wilayah Cengal yang telah dibentuk," jelasnya. 

Kapolsek menegaskan, di wilayah Kecamatan Cengal ada 4 zona rawan yang dilakukan patroli. Untuk zona 1 Desa Talang Rimba, Pelimbangan, Ulak kedondong.

Lalu untuk zona 2 terdiri Desa Sungai Ketupak, Ulak kedondong, Sungai Jeruju, Kuala Sungai Pasir dan Sungai Pasir. 

"Patroli zona 3 meliputi Desa Sungai Pasir, Parit Raya dan Somor," ucapnya. 

BACA JUGA:UBD Palembang Kolaborasi dengan BPS Tingkatkan Agen Statistik di Lingkungan Akademisi

Lanjutnya, untuk zona 4 terdiri dari Desa Cengal dan sekitarnya. Patroli terpadu ini semua unsur dengan menggunakan sepeda motor dan menara pantau. 

Kemudian dilanjutkan patroli menggunakan klotok (perahu). Juga pemantauan dari menara api serta himbaun kamtibmas kepada masyarakat pekebun dan pencari ikan.

"Kemarin juga sempat ada lahan yang terbakar di pinggir jalan Desa Pelimbangan yang belum sempat meluas dan api dapat dikendalikan dan dipadamkan tim terpadu," ungkapnya. 

Kapolsek menambahkan, untuk saat ini hotspot dan firespot terpantau nihil. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: