Ini Lho! Manfaat Tanaman Hias Apu-Apu di Kolam

Ini Lho! Manfaat Tanaman Hias Apu-Apu di Kolam

Tanaman Hias Apu-Apu--

SUMEKS.CO - Tanaman hias apu-apu (pistia stratiotes) atau juga disebut kapu-kapu, atau kayu apung merupakan tumbuhan air.

Dimana tanaman apu apu sebagai tanaman hias, baik di kolam, maupun akuarium. Banyak yang tidak tahu manfaat tanaman hias apu apu Ini. 

Dikutip SUMEKS.CO, tanaman apu apu ini bermanfaat sebagai pembersih air dari polutan berbahaya. Tanaman ini memiliki ukuran daun sepanjang 2-10 cm dengan lebar sekitar 2-6 cm.

Lalu untuk tepi daunnya memiliki lekukan, serta rambut tebal di permukaan ini mampu menyerap polutan radioaktif, hingga logam berat di dalam air.

BACA JUGA:Peduli Wilayah Rawan Banjir di Kampung Sawah, Bupati Enos Turun Langsung Cek Lokasi

Kemudian manfaat lain dari tanaman hias apu apu ini adalah menjaga kualitas air di kolam atau akuarium sehingga bisa mendukung pertumbuhan dan kesehatan ikan yang dipelihara.

Lalu, tanaman apu apu yang merupakan bagian dari famili talas-talasan (araceace) ini memiliki warna daun hijau, sampai hijau kebiruan dan akan menguning seiring dengan usianya yang semakin tua. 

Sepintas daun apu-apu berbentuk seperti mahkota bunga mawar. Tanaman hias apu apu ini ada yang dengan ukuran kecil tetapi ada juga dengan ukuran besar. 

Sementara itu, akar tanaman apu-apu disebut juga bisa memiliki panjang mencapai 80 cm, akarnya menggantung dan memiliki stolon. Pada akar tanaman ini, rambut-rambut akarnya membentuk struktur yang menyerupai keranjang, dan dikelilingi gelembung udara. 

BACA JUGA:Hasil Operasi Patuh Musi 2023 Polres Banyuasin: Tilang Manual Naik 100 Persen Dibanding 2022

Maka sangat menunjang daya apung tanaman tersebut. Ikan ikan dalam kolam sangat senang bersembunyi di bawah tanaman hias apu apu ini, apalagi saat cuaca panas. 

Bukan itu saja, konon tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat herbal, untuk mengobati demam, batuk rejan, juga melancarkan air seni.

Untuk diketahui, tanaman ini mengandung alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, minyak, lemak, serta glikosid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: