Gelar Rakor PUSPAGA, dr. Sheila: Ini Berfungsi Sebagai One Stop Service Berbasis Hak Anak

Gelar Rakor PUSPAGA, dr. Sheila: Ini Berfungsi Sebagai One Stop Service Berbasis Hak Anak

--

MARTAPURA, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama TP. PKK Kabupaten OKU Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA), Selasa 25 Juli 2023.

Rakor yang diselenggarakan di Bina Praja II Setda OKU Timur ini dibuka langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dan mengusung tema "Dengan PUSPAGA Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Menuju Kabupaten OKU Timur Maju Lebih Mulia."

Dalam sambutan dan arahannya, dr. Sheila mengungkapkan bahwa permsalahan keluarga merupakan fenomena gunung es, yakni permasalahan yang dapat diketahui hanya sebagian kecil dari permasalahan yang ada.

Berdasarkan data dari Badan Peradilan Agama menunjukkan bahwa sebagian besar perceraian karena kekerasan dalam rumah tangga, dan menurut data dari DPPPA OKU Timur hingga bulan ini terdapat 17 kasus.

BACA JUGA:Pacaran Beda Agama Buang-buang Waktu, Netizen: Jangan Pernah Mengkhianati Tuhanmu Demi Cinta Sama Manusia

"Oleh karena itu diperlukan upaya untuk menyatukan tanggungjawab orang tua dan kewajiban pemerintah untuk membantu mengatasi permasalahan keluarga salah satunya dengan membentuk Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) yang berfungsi sebagai layanan satu pintu "One Stop Service" berbasis hak anak," jelasnya.

PUSPAGA akan memberikan layanan secara gratis hingga dapat membantu meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak serta terciptanya rujukan pengasuhan, pendidikan, kesehatan, perlindungan bagi anak dan orang tua atau keluarga untuk menunjang tumbuh kembang anak secara optimal.

Terkait pentingnya PUSPAGA, ia berharap agar PUSPAGA dapat terbentuk diseluruh kecamatan dan desa di OKU Timur demi mewujudkan OKU Timur sebagai Kabupaten Layak Anak sehingga seluruh masyarakat mendapatkan pembelajaran sebagai solusi keluarga sejahtera menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia.

"Manfaatkan dan maksimalkan Rumah Cinta yang ada diseluruh kecamatan untuk melayani PUSPAGA," tutupnya.

BACA JUGA:Lebih Banyak Mana, Ikan di Laut atau Bintang di Langit? Jawaban Cerdas Abu Nawas Bikin Raja Manggut-Manggut

Sementara itu Plt. Kepala DPPPA Ella Nursanti, S.T. dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari keanggotaan PUSPAGA dan Ketua TP. PKK kecamatan se-Kabupaten OKU Timur.

Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi dengan narasumber Dwi Susanti, S.E., M.Si. dari DPPPA Kabupaten OKU Timur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: