Jemaah Haji Kloter 15 Asal Muara Enim Tiba di Asrama Haji Palembang

Jemaah Haji Kloter 15 Asal Muara Enim Tiba di Asrama Haji Palembang

Penyambutan kedatangan jemaah haji Kloter 15 di Asrama Haji Palembang, Senin, 24 Juli 2023.--dok : sumeks.co

Jemaah Haji Kloter 15 Asal Muara Enim Tiba di Asrama Haji Palembang

SUMEKS.CO - Kakanwil Kementerian Agama (KaKemenag) Sumatera Selatan H Syafitri Irwan menyambut kepulangan 359 jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 15 Debarkasi Palembang

Kloter 15 berasal dari Kabupaten Muara Enim, tiba di tanah air melalui Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Senin, 24 Juli 2023 siang.

Syafitri Irwan mengingatkan jemaah haji dapat menjaga kemabruran haji sekembalinya ke kampung masing-masing.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Sambut Kepulangan 350 Jemaah Haji Kloter 13, Herman Deru : Semoga Menjadi Haji Mabrur

Keberangkatan haji merupakan anugerah luar biasa dari Allah SWT. Gelar haji dan hajjah yang disandang jemaah merupakan titel mulia yang mesti dijaga kemuliaannya. 

Menurut Syafitri, setelah melalui perjalanan lebih kurang 40 hari dalam rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, kembalinya jemaah ke Tanah Air bukanlah akhir dari sebuah tugas.

Ada tugas penting yang menanti, yaitu menjaga kemabruran haji agar dapat memberikan dampak positif, baik bagi pribadi, keluarga, maupun masyarakat bangsa dan negara. 

“Insya Allah bapak ibu meraih haji mabrur. Tugas berat sudah menanti sekembalinya ke kampung halaman masing-masing. Tugas kita adalah memelihara kemabruran haji,” tegasnya.

BACA JUGA:353 Jemaah Haji Kloter 12 Tiba, Kloter 13 Dijadwalkan Pulang, Sabtu, 22 Juli 2023

Seandainya sebelum berangkat haji ada perilaku-perilaku negatif seperti suka menggunjing, menyebar konten yang tidak bermanfaat, serta  menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia, tentu sepulang haji harus ditinggalkan. Malu dengan gelar yang sandang.

KaKemenag juga berpesan agar jemaah haji dapat mengambil ibroh atau pelajaran dari apa yang didapat selama menjalani rangkaian ibadah haji. 

Hal-hal baik dan indah dapat diceritakan untuk memotivasi orang lain berangkat haji. Sedangkan hal-hal buruk atau kurang baik yang dijumpai hendaknya cukup dijadikan kenangan saja. 

Lebih lanjut Syafitri juga menambahkan, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh jemaah haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: