Jual Aset Pemkab, Oknum Kades Gunung Megang Luar Ditahan

Jual Aset Pemkab, Oknum Kades Gunung Megang Luar Ditahan

Oknum Kepala Desa (Kades) Gunung Megang Luar, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim berinisial DI, SH (33), ditahan dititipkan di Lapas Muara Enim. -enimekspres.bacakoran.co-

Jual Aset Pemkab, Oknum Kades Gunung Megang Luar Ditahan

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Oknum Kepala Desa (Kades) Gunung Megang Luar, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim berinisial DI, SH (33), ditahan Kejari Muara Enim. 

Pasalnya oknum kades terbukti telah menjualkan jalan milik aset Pemkab Muara Enim berupa akses jalan kepada perusahaan PT Truba Bara Banyu Enim (TBBE) dan kini jadi PT RMK yang bergerak di pertambangan batubara di wilayah Desa Gunung Megang Luar, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim.

"Berdasarkan pemeriksaan terhadap oknum Kades Gumeg Luar berinisial DI telah terbukti merugikan negara karena menjual asset Pemkab Muara Enim berupa jalan kepada PT RMK. Berdasarkan Laporan Hasil Penghitungan (LHP) BPKP Provinsi Sumatera Selatan kerugian negaranya sebesar Rp 1.868.468.610,99 Miliar,” kata Kajari Muara Enim Ahmad Nuril Alam SH MH didampingi Kasi Intel Kejari Muara Enim Anjasra Karya SH MH di Kantor Kejari Muara Enim, Selasa 18 Juli 2023 sore.

Menurut Kajari Muara Enim Ahmad Nuril Alam, kasus ini bermula adanya dugaan penjualan aset Pemkab Muara Enim berupa jalan Pramuka sepanjang 1,7 km dengan lebar 4,5 meter yang merupakan jalan akses penghubung antara Desa Gunung Megang Luar – Simpang Sidomulyo pada Tahun 2021.

BACA JUGA:Warga Kecamatan Sanga Desa Muba Sumsel Perbaiki Kerusakan Jalinteng

Dimana jalan tersebut dijual oknum Kades tersebut ke PT TBBE yang diakuisisi oleh PT RMK senilai Rp74.822.400, yang saat ini jalan tersebut sudah putus karena telah ditambang oleh perusahaan. 

Atas perbuatan oknum Kades tersebut, lanjut Kajari, dari Laporan Hasil Pengawasan (LHP) BPKP Provinsi Sumatera Selatan ada kerugian negeri sebesar Rp1.868.468.610,99 miliar.

"Saat ini, tersangka DI sudah menitipkan uang hasil penjualan jalan tersebut Rp74.822.400. Sedangkan dari pihak saksi PT RMK menitipkan uang sebesar Rp300 juta. Sehingga total uang yang dititipkan ke Kejari sebesar Rp374.822.400,” papar Nuril Alam, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Rabu 19 Juli 2023.

Ketika ditanya apakah akan ada tersangka lain, Kajari menyatakan masih ada kemungkinan untuk tersangka-tersangka lain. Sebab kasus ini masih akan terus dikembangkan dari para pihak-pihak yang kita mintai keterangan. 

BACA JUGA:Warga Kecamatan Sanga Desa Muba Sumsel Perbaiki Kerusakan Jalinteng

Untuk saksi-saksi yang sudah diperiksa sekitar 23 orang Saksi dan 4 Ahli yakni dari BPN, ESDM, Kemendagri dan BPKP.

Mengenai besarnya kerugian negara mencapai Rp1.868.468.610,99. Karena jalan tersebut sudah diperkeras oleh Pemkab Muara Enim dan di bawahnya ada kandungan batubara yang sudah ditambang oleh perusahaan.

"Kasus ini masih dalam pengembangan lebih lanjut. Sementara tersangka oknum Kades Gunung Megang Luar yakni DI sudah ditahan dan dititipkan ke Lapas Muara Enim,” terang Nuril Alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: