Operasi Patuh Musi 2023, Banyak Pelanggar Terekam ETLE

Operasi Patuh Musi 2023, Banyak Pelanggar Terekam ETLE

Anggota Satlantas Polres Muara Enim memberikan imbauan kepada sopir angkutan desa untuk mentaati aturan lalulintas.-Enim Ekspres-

Operasi Patuh Musi 2023, Banyak Pelanggar Terekam ETLE

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Dalam Operasi Patuh Musi 2023 yang diadakan di wilayah hukum Polres Muara Enim, sejumlah pelanggar lalu lintas tertangkap kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi SIK melalui Kasat Lantas AKP Suwandi SH, mengungkapkan bahwa personel Polres Muara Enim telah ditempatkan di berbagai titik rawan pelanggaran lalu lintas di wilayah tersebut, Sabtu 14 Juli 2023.

Dalam operasi ini, kata dia, selain melakukan penilangan secara elektronik melalui ETLE Satlantas Polres Muara Enim.

Pihak Kepolisian juga melakukan penegakan hukum terhadap para pelanggar. 

BACA JUGA:Tak Sabar Mengantri, Pengendara Nekat Trobos Perlintasan Kereta Api

Meskipun penindakan dilakukan dengan pendekatan yang humanis. Namun pelanggar tetap dikenakan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan pengendara. 

Suwandi menyebutkan bahwa rata-rata pelanggar yang terekam kamera ETLE melanggar aturan seperti tidak menggunakan helm, berbocengan lebih dari satu orang, dan melawan arus serta tidak pakai safety belt.

"Setiap pelanggar yang terdeteksi oleh kamera ETLE akan menerima surat konfirmasi sebagai bukti pelanggaran yang dilakukan. Surat tersebut akan dikirimkan kepada pelanggar,” ujar Kasat Lantas, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Minggu 16 Juli 2023.

Sambungnya, adapun tujuan dari operasi Patuh Musi 2023 ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya aturan lalu lintas dan perilaku yang sopan saat berlalu lintas.

BACA JUGA:Mantap, Polisi Ajak Begal Nyanyi Lagu Iwan Fals, Pernahku Mencoba Sembunyi Namun Jatanras Tetap Mengikuti

Dijelaskan, adapun dalam giat Ops Patuh Musi 2023 prioritas pelanggaran, balap liar, over demensi/over load, tidak melebihi batas kecepatan, jangan mabuk saat berkendara, jangan biarkan anak dibawah umur berkendara, jangan menaikan penumpang keatap kendaraan dan bergelantungan, gunakan helm saat berkendara.

”Tepenting lagi adalah jangan melawan arus lalulintas dan tidak berboncengan lebih dari satu,” papar AKP Suwandi. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: