Professor Pertama di Indonesia Bidang Komputer, Aset Nyata Universitas Bina Darma Palembang

Professor Pertama di Indonesia Bidang Komputer, Aset Nyata Universitas Bina Darma Palembang

Ilustrasi--

Prof. Dr. Ir Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, Sandang Professor Pertama di Universitas Bina Darma Bidang Ilmu Komputer

PALEMBANG, SUMEKS.CO- Universitas Bina Darma Palembang punya satu sosok kebanggaan yang menyandang Professor Pertama di Indonesia bidang Ilmu Komputer. 

Sosok itu Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, seorang dosen aktif di Universitas Bina Darma.  Prof Marsudi telah menginspirasi banyak generasi muda.

Cukup unik sosok satu ini, ternyata sejak kecil sudah memiliki cita-cita menjadi Guru Besar atau Professor. Pada tahun 2002, tekadnya itu terwujud. 

BACA JUGA:Prodi Psikologi UBD Palembang Gelar Visiting Professor dengan Tema Konsep Praktis Digital Parenting Era 5.0

Menurut Prof Marsudi, tugas seorang Guru Besar atau Lektor Kepala tidak hanya terbatas pada aspek akademik, melainkan juga melibatkan kegiatan coaching dan mentoring.

"Coaching dan mentoring berarti membimbing dosen-dosen muda agar mereka dapat terus naik jabatan akademiknya. Hal ini harus dilakukan secara terstruktur melalui program percepatan Guru Besar," ujar Prof. Dr. ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU.

Prof. Dr. ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, mengatakan Universitas Bina Darma memiliki banyak dosen potensial yang memiliki kesempatan untuk menjadi profesor dalam waktu yang relatif singkat, asalkan ada kegiatan coaching dan mentoring yang tepat.

BACA JUGA:Prodi Pendidikan Olahraga UBD Palembang Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Nasional

Untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut, Prof Marsudi menyarankan agar Universitas Bina Darma mengadakan program percepatan Guru Besar. 

Program ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada dosen-dosen muda agar mereka segera mencapai jabatan akademik Guru Besar atau Professor. 

Dengan semakin banyaknya dosen-dosen yang menjadi profesor, Universitas Bina Darma dapat mencapai tujuan untuk menjadi universitas unggul pada tahun 2025.

"Menjadi Professor bukanlah hal yang sulit, hal ini telah dibuktikan oleh banyak orang, bahkan beberapa di antaranya telah mencapai jabatan tersebut di usia muda. Sebagai contoh, ada enam orang mahasiswa saya yang telah menjadi profesor," tutur Prof Marsudi. 

BACA JUGA:Kecanggihan Nokia Winner Max 5G, Gunakan OS Android 14 dan Terdapat Fitur Koneksi Satelit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: