Kadis PPPA OKI Sampaikan Hal Penting di Hadapan Siswa SMPN 3 Kayuagung yang Baru

Kadis PPPA OKI Sampaikan Hal Penting di Hadapan Siswa SMPN 3 Kayuagung yang Baru

Siswa baru SMP Negeri 3 Kayuagung mengikuti MPLS, Selasa 11 Juli 2023. Foto: Niskiah/sumeks.co--

Kadis PPPA OKI Sampaikan Hal Penting di Hadapan Siswa SMPN 3 Kayuagung yang Baru

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negeri 3 Kayuagung, siswa-siswa baru diberikan pengetahuan hak, tanggung jawab dan kewajiban anak. 

Hal penting itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Hj Arianti SSTP, Selasa 11 Juli 2023.

Dijelaskannya di hadapan ratusan ratusan siswa baru, anak-anak mempunyai haknya, tanggung jawab dan kewajiban. 

Adapun hak hak anak adalah hak untuk hidup, tumbuh, dan berkembang. 

BACA JUGA:Hari Pertama Sekolah, Siswa Dikenalkan MPLS

Termasuk juga berpartisipasi serta perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Juga hak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial. 

"Adanya hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Sedangkan untuk tanggung jawab dan kewajiban adalah menghormati orang tua, wali dan guru," jelasnya kepada para siswa siswi. 

Selain itu, sambung Arianti, adalah mencintai keluarga, masyarakat dan menyayangi teman. Juga mencintai tanah air, bangsa dan negara. Terpenting juga menunaikan ibadah sesuai agamanya masing-masing. 

Lalu, melaksanakan etika dan akhlak mulia. Semua anak didik ini harus tahu. Termasuk jangan ada kekerasan terhadap anak yang berakibat kesengsaraan. 

BACA JUGA:MPLS Hari Pertama, Sejumlah Murid Tampak Gembira

Pada peserta didik baru dengan seksama dan bersemangat mendengarkan materi yang diberikan oleh nara sumber. 

Sementara, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Kayuagung, Kepesek Erlin Marleta SPd MSi MPdi, melalui koordinator mata pelajaran, Emi Nurhotimah SPd mengatakan, untuk MPLS dilaksanakan selama tiga hari berturut turut mulai Senin 10 Juli kemarin hingga Rabu 12 Juli besok. 

"Alhamdulilah jumlah siswa baru tahun ini sebanyak 263 siswa. Adanya MPLS ini anak-anak bisa segera beradaptasi di lingkungan sekolah yang baru," terangnya, dibincangi SUMEKS.CO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: