Minyak Mentah Mulai Cemari Sumur Warga, Pemkot Prabumulih Berkirim Surat ke Pertamina Pusat

Minyak Mentah Mulai Cemari Sumur Warga, Pemkot Prabumulih Berkirim Surat ke Pertamina Pusat

Sumur warga di RW 4, Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih yang ikut tercemar, Senin 10 Juli 2023. Foto: Dian/sumeks.co--

Minyak Mentah Mulai Cemari Sumur Warga, Pemkot Prabumulih Berkirim Surat ke Pertamina Pusat

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Pasca viralnya minyak mentah yang mengenangi Sungai Kelekar Kota Prabumulih, Minggu 9 Juli 2023. 

Kini, giliran sumur warga yang ikut tercemar, Senin 10 Juli 2023.

Seperti halnya di RW 4 Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. 

"Di RW 4, ada 3 sumur warga tercemar, kami sudah cek ke lokasi," ujar Lurah Kelurahan Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur Leliana Santika, Senin.

BACA JUGA:Diduga Tumpahan Minyak Mentah Cemari Sungai Kelekar Prabumulih, Air Menghitam, Timbulkan Bau Menyengat

Hasil pemantauan di lokasi, didapati sumur warga yang lokasinya tak jauh dari sungai Kelekar mengalami bau dan berminyak. 

"Kita sudah mendata dan melaporkan adanya dampak dari insiden tersebut. Kami juga sudah mendata warga sepanjang bantaran sungai kelekar, serta sumur tercemar. Untuk warga yang terdapat ada 217 warga," imbuhnya.

Sedangkan dari hasil pantauan di Sungai Kelekar, meski diguyur hujan deras minyak mentah masih mengambang di Sungai Kelekar. Namun, sudah berkurang tak seperti sebelumnya. 

"Masih ada (tumpahan minyak, red)," tuturnya.

BACA JUGA:Diduga Terjadi Kebocoran Limbah dan Mencemari Sungai, Pabrik Singkong di Ogan Ilir Terpaksa Hentikan Operasi

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama pihak perusahan PT Pertamina, Camat Lurah dan warga langsung mengadakan pertemuan di gedung Islamic Center. 

"Intinya kami ingin ada solusi terbaik, baik untuk masyarakat maupun perusahaan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Hj Dwi Koryana.

Senada diungkap Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menyebutkan, kebetulan dirinya baru pulang Dinas Luar dan mendapat laporan dari DLH dan surat hasil investigasi ke lapangan terkait adanya kebocoran minyak yang mengenangi Sungai Kelekar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: