Maksimalkan Hasil Pertanian Guna Dongkrak Perekonomian

Maksimalkan Hasil Pertanian Guna Dongkrak Perekonomian

Saat biji kopi petik merah diolah di mesin roasting kopi, berlokasi di Rumah Produksi Kopi Muara Siban, Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara.--

Maksimalkan Hasil Pertanian Guna Dongkrak Perekonomian

PAGARALAM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota Pagaralam melalui pihak kecamatannya mengajak masyarakat khususnya petani untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian. 

Ini bertujuan untuk mendongkrak perekonomian. Khususnya Kecamatan Dempo Utara. Yakni untuk mendukung kemajuan ekonomi.

Kota Pagaralam sendiri mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah, hal ini menjadikan mata pencaharian mayoritas masyarakat adalah petani. 

Seperti halnya di Kecamatan Dempo Utara, masyarakat di sana optimis perekonomian dapat bangkit pasca pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Korban Lakalantas Menurun, Angka Santunan Jasa Raharja Turun 5 Persen

Dimana sudah tiga tahun terakhir ekonomi masyarakat di berbagai penjuru daerah mengalami keterpurukan, membuat ekosistem perputaran rupiah menjadi lumpuh, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi petani di Kota Pagaralam.

Maka harus mampu menghadirkan inovasi guna mendongkrak penghasilan.

Camat Dempo Utara Ardiansyah S Pd MM didampingi Sekertaris Camat Jhon Heri SKM MM mengatakan, banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk pemulihan ekonomi, salah satunya dengan meningkatkan kualitas hasil bumi.

"Salah satu cara yang dilakukan agar petani kopi dapat meningkatkan yakni dengan produksi kopi petik merah, yang saat ini sudah digaungkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) melalui program sambung pucuk,” kata Ardiansyah saat di wawancari Selasa 4 Juli 2023.

BACA JUGA:NGGAK LUCU! Komika Coki Pardede dan Tretan Muslim Sebut Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail Prank Terpara di Muka Bu

Sebab, lanjut Ardiansyah, sangat disayangkan jika masyarakat tidak mampu mengolah potensi yang sudah sejak lama dimiliki oleh penduduk asli tanah Besemah, apalagi kualitas kopi yang baik akan dapat dipasarkan sampai ke luar negeri.

“Sebaiknya, petani harus jeli lagi melihat peluang, dengan tidak mengikuti apa yang ditanam orang lain, petani harus punya pilihan tersendiri dalam menetukan tanaman apa yang akan ditaman pada musim tanam," jelasnya, dikutip pagaralampos.bacakoran.co, Rabu 5 Juli 2023.

Maka dengan begitu, sambungnya, keuntungan yang didapatkan nantinya lebih tinggi, sebab jumlahnya tidak membludak di pasaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://pagaralampos.bacakoran.co/dongkrak-perekonomian-maksimalkan-hasil-pertanian/