Petani Senang, Harga TBS Kelapa Sawit Masih Stagnan Rp1.580 Per Kilogram

Petani Senang, Harga TBS Kelapa Sawit Masih Stagnan Rp1.580 Per Kilogram

Pekerja sedang muat TBS sawit ke truk untuk diangkut ke pabrik.--dok : sumeks.co

Petani Senang, Harga TBS Kelapa Sawit Masih Stagnan Rp1.580 Per Kilogram

SANGA DESA, SUMEKS.CO - Awal Bulan Juli 2023, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit masih stagnan alias tidak berubah diangka Rp1.580 per kilogram.

"Minggu ini harga kelapa sawit tetap bertahan. Harga minggu ini adalah Rp 1580 perkilogram, sama seperti harga saat sebelum lebaran Idul Adha lalu," kata pengepul Kelapa Sawit di Desa Ngunang Edi, dikutip harianmuba.bacakoran.co, Selasa, 4 Juli 2023.

Edi mengatakan harga TBS masih bertahan dan belum juga ada peningkatan hasil produksi dari kebun-kebun milik masyarakat.

"Sejak bulan lalu cenderung stabil, sehingga jumlah buah yang masuk ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) itu juga tidak mengalami perubahan, akibatnya harga beli ditingkat pabrik juga tidak mengalami perubahan selama lebih dari satu bulan ini," ujar Edi.

BACA JUGA:Aplikasi BabeBUN Dukung Percepatan Peremajaan Sawit Rakyat

BACA JUGA:Program Sawit Terampil Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung 520 Petani Indonesia Raih Sertifikasi RSPO

Sementara itu, Komar (49) warga Kelurahan Ngulak I berharap harga TBS Kelapa Sawit bisa terus stabil di harga Rp1.500-Rp1.800 per kilogram.

"Mudah-mudahan sampai akhir tahun nanti harga TBS kelapa sawit tetap berada diharga Rp1.500 per kilogram, bahkan kalau bisa naik lagi," katanya.

Menurut Komar dengan harga tersebut para petani sawit bisa sedikit diuntungkan di tengah kondisi ekonomi yang serba sulit ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: