Jelang Anugerah KPAI Award Tahun 2023, Tim Verlap KPAI Cek Penerapan PKA, PHA dan SPPA di Muara Enim

Jelang Anugerah KPAI Award Tahun 2023, Tim Verlap KPAI Cek Penerapan PKA, PHA dan SPPA di Muara Enim

TIM : Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) KPAI Cek Penerapan PKA PHA dan SPPA di Muara Enim.--

Jelang Anugerah KPAI Award Tahun 2023, Tim Verlap KPAI Cek Penerapan PKA, PHA dan SPPA di Muara Enim

MUARA ENIM, SUMEKS.CO – Jelang Anugerah KPAI Award Tahun 2023, Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) KPAI Cek Penerapan PKA, PHA dan SPPA di Muara Enim.

Sebab, Kabupaten Muara Enim menjadi salah satu nominator penerima Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Award dengan kategori Sistem Monitoring, Evaluasi dan Penerapan (SIMEP) di Provinsi Sumatera Selatan.

Rombongan Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) KPAI diterima Bupati Muara Enim diwakili oleh Staf Ahli Kemasyarakatan dan  SDM Amrullah Jamaludin  menerima Tim Verlap KPAI, di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Kantor Bappeda Muara Enim, Selasa 27 Juni 2023.

Turut hadir juga para Kepala OPD ataupun yang diwakili, Dinkes, Satpol PP, Pengadilan Negeri, Pemdes, DPPA, Lapas II B Muara Enim. 

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Laksanakan Pendampingan Penilaian Angka Kredit bagi Perancang Peraturan Perundang-Undangan

Tim Verlap KPAI yang dinahkodai oleh Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Aris Adi Leksono bersama Ibu Atjeu Janestri Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Madya, Reza Yusuf Bahtiar Analisis Data telah terjun langsung guna melihat penyelenggaran kebijakan Perlindungan Khusus Anak (PKA), Pemenuhan Hak Anak (PHA) dan Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) di Kabupaten Muara Enim dengan Puskesmas Kecamatan Gelumbang sebagai lokasi pelaksanaan Verlap.

Staf Ahli Amrullah yang juga hadir bersama Kadin PPPA Vivi Mariani dalam arahanya, mengatakan Komisi Perlindunga Anak Indonesia (KPAI) telah melaksanakan tahapan verifikasi pada Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Evaluasi dan Pelaporan KPAI (SIMEP KPAI) Tahun 2023 dan saat ini memasuki tahapan selanjutnya yakni Verifikasi Lapangan.

Penilaian ini, kata dia, merupakan momentum dan sebagai motivasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama pada anak sebagai generasi penerus menuju kearah yang lebih baik.

"Dalam memberikan layanan bagi Perempuan dan Anak yang mengalami masalah kekerasan, diskriminasi , dan masalah-masalah perlindungan khusus lainnya di Kabupaten Muara Enim telah dibentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) yang sudah ada mempunyai fungsi layanan seperti Pengaduan, penjangkauan korban, pengelolaan kasus, penampungan, mediasi serta pendampingan dan pemulihan korban kekerasan,"jelasnya.

BACA JUGA:XL Axiata Kembali Raih Tujuh Penghargaan di Berbagai Ajang Dalam Negeri dan Internasional

Dikatakanya juga, pada Tahun 2022 silam telah menerima penghargaan KPAI Awards dengan kategori Kabupaten yang memiliki Komitmen terhadap Perlindungan Anak dan Pelaporan Berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi (SIMEP) dengan peringkat 6, yang mana penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Dharmawati pada tahun lalu di Ball Room Grand Emerald Hotel Red Top, Kota Jakarta.

"Untuk mewujudkan Perlindungan anak di Kabupaten Muara Enim pada Tahun 2023 tentunya perlu komitmen dan sinergitas dari seluruh stakeholder untuk itu, kepada seluruh stakeholder yeng terkait, agar mengikuti jalanya proses Verifikasi Lapangan Nominator Anugerah KPAI Tahun 2023 ini dengan sebaik-baiknya, penuh semangat, menyampaikan data pendukung, dokumentasi, laporan dan Informasi yang dibutuhkan secara tepat, akurat dan akuntable guna kelancaran Verifikasi hari ini,"tandasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: