Batik Ecoprint Dikenalkan ke Masyarakat Pagaralam

Batik Ecoprint Dikenalkan ke Masyarakat Pagaralam

Contoh beberapa motif batik Ecoprint yang sudah jadi.  --

Batik Ecoprint Dikenalkan ke Masyarakat Pagaralam

PAGARALAM, SUMEKS.CO - Batik Ecoprint dengan coraknya yang indah mulai marak dikenalkan di Pagaralam dan warga menekuni motif batiknya dengan memanfaatkan dedaunan.

Dimana batik ecoprint sendiri dibuat dengan cara memanfaatkan dedaunan yang ditempelkan dengan kain basah sehingga terbentuk corak dan warna alami dengan motif yang unik.

Sekretaris Dekranasda Kota Pagaralam Indriani Faity mengatakan, pihaknya terus memperkenalkan kerajinan batik ecoprint selain cukup mudah mengerjakannya, bahan baku juga mudah didapat di Pagaralam.

"Ecoprint ini merupakan salah satu metode atau teknik pembuatan yang memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakan pada sehelai kain," ujarnya, dikutip pagaralampos.bacakoran.co, Senin 26 Juni 2023.

BACA JUGA:Kapolri Listyo Keluarkan TR Mutasi Kapolres di Polda Sumsel, Ini Nama-namanya

Selanjutnya, untuk prosesnya  kain tersebut dicuci, dimordanting dan dikeringkan, lalu di kasih pewarna alami dan ambil daun. 

Barulah, kemudian ditempelkan pada kain untuk kemudian digulung dan dikukus selama 2 jam dan terakhir baru buka.

"Untuk pemilihan kainnya sendiri harus yang berasal dari serat alami agar warna yang dihasilkan dari tanin daun mampu meresap sempurna dan tahan lama,” jelasnya. 

Dia menjelaskan, untuk batik ecoprint sendiri sudah banyak ditemui diluar wilayah Indonesia dan sekarang mulai perkenalkan di Pagaralam. 

BACA JUGA:Wow Bisa GERCEP Urusin Warga, 288 Kades Di Banyuasin Dapat Sepeda Motor Dinas Baru

Dengan kain dan bahan warna alami akan mengurangi resiko kesehatan seperti alergi, bahkan pencemaran lingkungan dari proses pembuatan.

"Harapan kita semoga batik Ecoprint dapat semakin berkembang dan dikenal masyarakat Pagaralam, dan kita terus kenalkan ini melalui media sosial juga pada saat bazar dan pameran juga," pungkasnya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: