Memasuki Masa Tenang Pilkades, Tidak Ada Lagi Aktivitas Bagi Cakades

Memasuki Masa Tenang Pilkades, Tidak Ada Lagi Aktivitas Bagi Cakades

Penyampaian visi misi Calon Kades Celikah Kecamatan Kayuagung, beberapa waktu yang lalu. --

Memasuki Masa Tenang Pilkades, Tidak Ada Lagi Aktivitas Bagi Cakades

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 26 Juni 2023 di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mulai 23 Juni 2023 hingga 25 Juni 2023 merupakan masa tenang bagi calon kades di OKI.

Sebelumnya, para calon kades yang mengikuti Pilkades telah melakukan kampanye untuk menyampaikan Visi dan Misi masing-masing kades kepada masyarakat.

Pilkades serentak di Kabupaten OKI diikuti 139 calon kades yang akan bertarung.

"Iya mulai hari ini besok dan lusa sudah masuk masa tenang untuk pelaksanaan pilkades pada Senin 26 Juni 2023 nanti. Jadi tidak ada lagi aktivitas bagi Calon Kades (Cakades)," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten OKI, Ari Mulawarman SSTP melalui Kabid pemerintahan Desa Dan Kelembagaaan Rudi Kurniawan SE. 

BACA JUGA:Selis Rilis 3 Motor Listrik Roda Tiga, Harga Lebih Murah Setelah Disubsidi Pemerintah

Rudi menjelaskan, pelaksanaan pilkades di OKI tahun ini, ada 56 Desa yang melaksanakan pilkades di 16 Kecamatan OKI. Dan untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 82.628 orang. 

Lalu, untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) ada sebanyak 207 TPS. Semua untuk tahapan persiapan pilkades telah dilaksanakan dan dijadwalkan. 

Beberapa minggu lalu, warga di beberapa Desa masih meriksa DPT dengan mengecek di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKI. 

"Tahun ini pelaksanaan Pilkades hanya 2 Kecamatan saja di OKI yang tidak melaksanakan. Untuk calon Kades terbanyak jumlahnya di Kecamatan Air Sugihan," beber Rudi, kepada SUMEKS.CO, Jumat 23 Juni 2023.

BACA JUGA:Yakinkan Al Zaytun Tak Terlibat NII KW-IX, Pembelaan Moeldoko: Panji Gumilang Pelopor Pesantren yang Mandiri

Untuk kecamatan Air Sugihan sendiri akan melakukan pilkades di 8 Desa dengan jumlah calon kades sebanyak 23 orang.

Sedangkan, untuk pilkades yang paling sedikit terdapat di 5 kecamatan yakni, Kecamatan Kayuagung 2 Desa, Kecamatan Teluk Gelam 2 Desa, Kecamatan Tulung Selapan 1 Desa, Kecamatan Lempuing 1 Desa dan Kecamatan Lempuing Jaya 2 Desa. 

"Pada pelaksanaan Pilkades Senin besok kita berharap dapat berjalan aman, lancar dan sukses," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: