Si Pahit Lidah, Serunting Sakti Hanya Gelar, Ini Nama Aslinya

Si Pahit Lidah, Serunting Sakti Hanya Gelar, Ini Nama Aslinya

Roberten, Wakil Ketua Barisan Adat Tanah Serawai menceritakan nama asli Si Pahit Lidah atau Serunting Sakti.--

Si Pahit Lidah, Serunting Sakti Hanya Gelar, Ini Nama Aslinya

SUMEKS.CO - Kisah Si Pahit Lidah alias Serunting Sakti sosok yang dikenal sakti mandraguna di tengah masyarakat Melayu di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Namun, dua nama satu sosok itu hanya gelar. Sedangkan nama kecilnya adalah Malim Budiman. 

Salah satu bukti nama ini berada di goa yang bernama Malim Budiman. Goa itu berada di gugusan Bukti Barisan, wilayah antara Sungai Alas dan Sungai Pino, Provinsi Bengkulu. 

"Tidak jauh dari situ terdapat Telaga Bidadari. Tempat Malin Budiman mendapatkan istrinya dari golongan bidadari," Roberten, Wakil Ketua Barisan Adat Tanah Serawai kepada SUMEKS.CO.

BACA JUGA:TERNYATA! Si Pahit Lidah Tokoh Legenda Sumatera Selatan yang Punya Kekuatan Diluar Nalar, Rubah Padi Jadi Emas

Namun untuk menuju lokasi Goa Malim Budiman, harus melawati medan yang berat. Bahkan, harus menyusuri perbukitan dengan jalan kaki. 

Masyarakat sekitar percaya nama Malim Budiman merupakan sosok Si Pahit Lidah atau Serunting Sakti. Sesuai namanya, Malim Budiman dikenal sebagai sosok yang santun bagi masyarakat. 

Malim Budiman inilah yang kelak melanglang buana berkelana di jagat Sumatera Bagian Selatan. 

Kisah lain, Serunting Sakti merupakan keturunan dari Semidang. Sedangkan Semidang merupakan saudara dari Gumay. Keturunan Semidang dan Gumay tidak pernah berjauhan. 

BACA JUGA:Legenda Bukit Batu dan Si Pahit Lidah di Pangkalan Lampam OKI, Sering Dijadikan Tempat Ritual Bertapa

Seperti di pesisir Bengkulu, kelompok masyarakat yang mengaku sebagai keturunan Semidang, selalu berdampingan keturunan Gumay. 

Demikian sekilas kisah ini, yang kebenarannya tetap harus dipastikan kembali. 

Sementara itu dikisahkan, Pangeran Serunting sakti atau Si Pahit Lidah, tokoh legenda dari Sumatera Selatan (Sumsel) yang memiliki kekuatan sakti mandraguna. Bahkan, ucapannya bisa menjadi kutukan yang sangat mengerikan. 

Cerita tentang Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat sudah dikenal luas masyarakat nusantara. Pria yang memiliki nama Serunting ini mendapat julukan Si Pahit Lidah, lantaran setiap ucapan yang dilontarkannya pasti terkabul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: