Cegah Karhutla Aparat Kepolisian Polsek Lembak Langsung Datangi Kebun Warga

Cegah Karhutla Aparat Kepolisian Polsek Lembak Langsung Datangi Kebun Warga

--dok : sumeks.co

Cegah Karhutla Aparat Kepolisian Polsek Lembak Langsung Datangi Kebun Warga

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Memasuki musim kemarau sangat rentan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), sehingga perlu upaya pencegahan.

Aparat penegak hukum di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan dalam mencegah Karhutla mendatangi kebun warga langsung.

Petugas kepolisian Polsek Lembak, termasuk juga rutin melakukan patroli memberikan himbauan kepada masyarakat.

Kapolsek Lembak Polres Muara Enim AKP Apriansyah SH MSi didampingi Kanit Binmas Ipda Idham Kholik SH serta Bhabinkamtibmas, dan para personil Polsek Lembak, terpantau memimpin langsung memberikan himbauan melalui surat edaran door to door.

BACA JUGA:Meningkat Drastis hingga Akhir Mei 2023, Total Hotspot Karhutla di Sumsel Tercatat 670, Muratara Terbanyak

Yakni menghimbau kepada warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Begitupun himbauan tegas untuk warga yang beraktifitas dikawasan hutan, agar tidak melakukan aktifitas pembakaran kawasan hutan karena terdapat larangan yang telah tertuang di Undang-undang.

Kapolsek Lembak AKP Apriansyah SH MSi, menerangkan, bahwa pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di wilayah hukum Polsek Lembak dengan menghimbau kepada masyarakat telah sering dilakukan.

Dimana  kali ini di Desa Babat Belida Darat dengan sistem door to door himbauan langsung bertemu warga, baik itu di rumah maupun di lokasi lahan perkebunan.

BACA JUGA:Ditangkap, Pelaku Karhutla di Rupit Muratara Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara

"Warga kita berikan arahan serta himbauan dalam pencegahan Karhutlah sedini mungkin,” ujarnya, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Rabu 14 Juni 2023.

Disampaikan Kapolsek,  pencegahan Karhutlah lebih baik dilakukan, ketimbang sudah terjadi kebakaran yang nantinya bakal membahayakan.

"Kita  berharap adanya himbauan ini seluruh element masyarakat dapat mematuhinya. Dengan tujuan menciptakan ekosistem yang baik, maupun lingkungan udara yang aman,” tegas AKP Apriansyah.

BACA JUGA:Hujan Kurangi Jumlah Hotspot di Daerah Rawan Karhutla

Sementara kegiatan door to door dalam pencegahan Karhutlah oleh Polsek Lembak Polres Muara Enim juga di berlakukan kepada Desa-desa lain khususnya di wilayah hukum Polsek Lembak melalui kegiatan door to door pencegahan Karhutla.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: