Tebar 5000 Benih Ikan di Sungai Musi dan Lestarikan Ikan Belida Bersama BRIN Hasilnya?

Tebar 5000 Benih Ikan di Sungai Musi dan Lestarikan Ikan Belida Bersama BRIN Hasilnya?

Pertanima Kilang Plaju bersih-bersih sungai Musi dan tebar ribuan benih ikan--

Tetapi juga memiliki dampak positif bagi kehidupan masyarakat yang bergantung pada sumber daya ikan di sungai Musi.

“Kami (Kilang Pertamina Plaju) sangat sadar akan pentingnya keberadaan populasi ikan-ikan di sungai Musi ini, karena ikan-ikan endemik seperti Baung, Patin, Kapiat, dan Tapah, yang menjadi salah satu sumber penghasilan untuk masyarakat kota Palembang,” tegasnya.

Ternyata Kilang Pertamina Plaju juga berkomitmen menjaga kelestarian ikan Belida yang menjadi ikon Palembang.

Salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan( TJSL) -nya, Belida Musi Lestari telah dijalankan sejak 2021, dan dikerjasamakan dengan berbagai pihak, saat ini dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Untuk itu, kami juga berharap bapak-ibu dapat sama-sama menjaga keanekaragaman hayati ini dengan tidak melakukan penangkapan, serta sama-sama terus menjaga kebersihan sungai sebagai habitatnya," tuturnya.

BACA JUGA:Hasil Curian Pipa Milik Pertamina EP Dibenamkan dalam Air Bawah Pondok, 2 Residivis Dicokok

Upaya ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi antara Kilang Pertamina Plaju dengan BRIN untuk mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) kelima belas.

Yakni menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati, dengan melakukan tindakan cepat dan signifikan untuk mengurangi degradasi habitat alami, menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati, dan melindungi dan mencegah lenyapnya spesies yang terancam punah. 

Program ini juga sebagai salah satu kontribusi dalam peningkatan dampak positif perusahaan yang termasuk kriteria Environmental, Social and Governance (ESG).

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Buka Lowongan, ini Syaratnya

Melalui kegiatan Beberes Musi, Kilang Pertamina Plaju berkomitmen untuk melindungi sungai Musi dan menjaga kelestarian ekosistem di dalamnya, yang dapat memberikan manfaat dan perubahan positif bagi masyarakat sekitar demi masa depan yang lebih baik.

Dengan terus bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, Kilang Pertamina Plaju berupaya untuk dapat menginspirasi dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta kelestarian ekosistem sungai Musi secara keseluruhan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: