Gaji ke-13 ASN Pemkot Prabumulih Bakal Cair, Pemkot Anggarkan Rp16,9 Miliar

Gaji ke-13 ASN Pemkot Prabumulih Bakal Cair, Pemkot Anggarkan Rp16,9 Miliar

Pemkot Prabumulih sudah menganggarkan dana sebesar Rp16,9 miliar untuk pembayaran gaji ke-13 bagi para ASN. Foto ilustrasi: dokumen/sumeks.co--

Gaji ke-13 ASN Pemkot Prabumulih Bakal Cair, Pemkot Anggarkan Rp16,9 Miliar 

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih

Pasalnya, Pemkot sudah menganggarkan dana sebesar Rp16,9 miliar untuk pembayaran gaji ke-13 bagi para ASN.

"Untuk gaji ke-13 ini sedang kita hitung. Namun sudah teranggarkan di APBD sebesar Rp16,9 miliar," ujar Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Prabumulih, Wawan Gunawan dibincangi di ruang kerjanya, Senin 5 Juni 2023.

Untuk rinciannya sendiri, Wawan menegaskan gaji 13 ini hanya terdiri dari gaji pokok saja dan tidak beserta tunjangan atau TPP mengingat kondisi keuangan tidak memungkinkan.

BACA JUGA:Gaji ke 13 dan THR Bagi ASN di OKI Sudah Disalurkan

Meskipun berdasarkan aturannya memperbolehkan Pemda membayarkan beserta tunjangan sebesar 50 persen. 

"Karena Prabumulih hanya menganggarkan tunjangan untuk 12 bulan," sebutnya.

Ditanya kapan mulai dicairkan? Pria yang lama bertugas di BPKP itu mengatakan, gaji ke-13 akan dicairkan di minggu-minggu ini atau paling lambat Senin (12/6) depan. 

"Kita juga masih menunggu data dari masing-masing OPD dimana saat ini belum ada OPD yang menyerahkan data, mengingat mereka juga masih sibuk untuk gaji bulan Juni," bebernya.

BACA JUGA:PNS Sumringah, H-10 Lebaran Terima THR, Juli Dapat Gaji ke 13

Dia pun tak menapik, aturan pusat memperbolehkan Pemda membayarkan gaji ke-13 di tanggal 5 Juni (paling cepat, red) dan itu sudah diterapkan oleh beberapa Kementertian yang sudah membayarkan gaji ke-13 kepada pegawainya di hari Senin (5/6) ini.

Lalu, apakah ada deadline untuk penyaluran gaji ke-13? Wawan mengaku tak ada aturan yang menyebutkan hal itu. 

Namun disebutkan bahwa gaji ke-13 dibayarkan di bulan Juni mengingat diperuntukkan bagi kebutuhan anak masuk sekolah dan sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: