WOW! Berkat Kecerdasannya Menghitung Jumlah Bintang, Abu Nawas Terima Puluhan Batang Emas dari Raja

WOW! Berkat Kecerdasannya Menghitung Jumlah Bintang, Abu Nawas Terima Puluhan Batang Emas dari Raja

Cara cerdas Abu Nawas menghitung jumlah bintang di langit.--

WOW! Berkat Kecerdasannya Menghitung Jumlah Bintang, Abu Nawas Terima Puluhan Batang Emas dari Raja

SUMEKS.CO - Abu Nawas terkenal sebagai seorang yang memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa. Abu Nawas sebenarnya adalah seorang penyair Islam termasyhur di era kejayaan Islam. 

Abu Nawas memiliki nama lengkap Abu Nuwas al-Hasan bin Hani al-Hakami jga diketahui sebagai seorang humoris yang lihai dan cerdik dalam mengemas kritik berbungkus humor.

Abu Nuwas terlahir antara tahun 747 hingga 762 M. Ada yang menyebut, tanah kelahirannya di Damaskus, ada pula yang meyakini Abu Nuwas berasal dari Bursa. Versi lainnya menyebutkan dia lahir di Ahwaz.

BACA JUGA:KISAH LUCU! Abu Nawas 'Ngeprank' Malaikat Munkar Nakir, Hanya untuk Mengharap Maaf dari Raja Harun Al-Rasyid

Yang jelas, Ayahnya bernama Hani seorang anggota tentara Marwan bin Muhammad atau Marwan I-Khalifah terakhir Dinasti Umayyah di Damaskus. 

Abu Nawas hidup pada abad ke-8 Masehi selama masa kekhalifahan Harun al-Rashid di Kekhalifahan Abbasiyah. Ada banyak cerita antara Abu Nawas dan Raja Harun Al-Rasyid.

Salah satu cerita yang menarik perhatian adalah cerita Abu Nawas yang diminta oleh Raja Harun Al-Rasyid untuk menghitung jumlah bintang di langit, pada saat Raja Harun Al-Rasyid menggelar sayembara.

Tak hanya ditanya soal jumlah bintang, Abu Nawas juga diminta Raja Harun Al-Rasyid untuk menjelaskan bagaimana cara Abu Nawas menghitung bintang-bintang di langit tersebut.

BACA JUGA:Seumur Hidup, Hanya Gubernur Ini yang Berhasil 'Ngeprank' Abu Nawas

Namun, dengan kecerdasannya Abu Nawas dengan mudah menjawab pertanyaan Raja Harun Al-Rasyid. Sebelum menjawab pertanyaan raja, Abu Nawas terlebih dahulu meminta raja menyediakan seekor kuda jantan ukuran besar.

Oleh pasukan kerajaan, seekor kuda jantan besar sesuai yang diminta oleh Abu Nawas, akhirnya digelandang ke lokasi sayembara. Dihadapan Raja Harun Al-Rasyid, Abu Nawas berkata bahwa jumlah bintang di langit sama dengan jumlah bulu kuda kerajaan ini.

Lalu, Abu Nawas juga menambahkan, bahwa untuk menghitung bulu kuda ini caranya sangat simpel. Dimana, hitungan dimulai dari angka satu sampai dengan selesai. Abu Nawas pun akhirnya meminta raja menghitung sendiri.

Mendengar perkataan Abu Nawas, Raja Harun Al-Rasyid pun terdiam. Begitu juga dengan seluruh penghuni kerajaan beserta seluruh masyarakat yang menghadiri sayembara tersebut.

BACA JUGA:Sedang Apa Allah SWT Sekarang? Jawaban Abu Nawas Membuat Seisi Istana Diam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: