KISAH LUCU! Abu Nawas 'Ngeprank' Malaikat Munkar Nakir, Hanya untuk Mengharap Maaf dari Raja Harun Al-Rasyid

KISAH LUCU! Abu Nawas 'Ngeprank' Malaikat Munkar Nakir, Hanya untuk Mengharap Maaf dari Raja Harun Al-Rasyid

Abu Nawas 'Ngeprank' Malaikat Munkar Nakir.--

KISAH LUCU! Abu Nawas 'Ngeprank' Malaikat Munkar Nakir, Hanya untuk Mengharap Maaf dari Raja Harun Al-Rasyid

SUMEKS.CO - Abu Nawas merupakan  seorang penyair Islam yang cukup hebat dan cerdas. Abu Nawas juga merupakan filsuf, dan jester yang hidup pada abad ke-8 Masehi selama masa kekhalifahan Harun Al-Rasyid di Kekhalifahan Abbasiyah.

Mendengar nama Abu Nawas, pastinya teringat dengan kisah-kisah lucunya yang sampai saat ini masih sering kita dengar lewat cerita para penceramah. Salah satu kisah lucu Abu Nawas adalah ceritanya yang menipu malaikat Munkar dan Nakir.

Dikutip dari akun TikTok @sahabatmuslim993, Abu Nawas termasuk salah satu toko sufi yang cukup terkenal di semenanjung arab. Abu Nawas juga tekenal dengan banyaknya melakukan kisah konyol, namun mengesankan.

BACA JUGA:Seumur Hidup, Hanya Gubernur Ini yang Berhasil 'Ngeprank' Abu Nawas

Salah satu kisah Abu Nawas bersama baginda Harun Al-Rasyid dengan malaikat Munkar dan Nakir di alam kubur. Abu Nawas memiliki nama lengkap Abu Ali Al Hasan bin Hani Al-Hakami. Abu Nawas dilahirkan di Kota Ahfas Iran.

Saat wafat, Abu Nawas dimakamkan di Kota Baghdad Irak. Sebelum wafat, Abu Nawas memang tengah dicari pasukan raja untuk ditangkap dan dibawa ke kerajaan. Hal itu membuat pasukan kesal, karena lama menunggu akhirnya menyerah.

Saat pasukan kembali ke kerajaan, Abu Nawas pun bergegas untuk pulang kerumahnya. Alhasil, Abu Nawas pun masuk ke rumah dengan diam-diam. Sesampainya di dalam rumah, Abu Nawas langsung melakukan salat dua rakaat.

Setelah salat, Abu Nawas berpesan kepada istrinya untuk disampaikan kepada raja, apabila sang raja mencari dirinya. Tidak berselang lama, Abu Nawas pun meninggal dunia di hadapan istrinya sendiri.

BACA JUGA:Sedang Apa Allah SWT Sekarang? Jawaban Abu Nawas Membuat Seisi Istana Diam

Kejadian ini sontak membuat istri Abu Nawas menangis histeris. Meninggalnya Abu Nawas ini juga membuat para tetangganya geger, mendengar jeritan tagisan istri Abu Nawas tersebut.

Kematian Abu Nawas itu pun terdengar hingga ke pelosok negeri, termasuk oleh sang raja. Baginda raja yang sedarinya murka terhadap Abu Nawas, lalu berubah menjadi kesedihan setelah mendengar Abu Nawas meninggal dunia.

Kesedihan Raja Harun Al-Rasyid ini bukan tanpa alasan. Karena, Abu Nawas adalah sosok yang lucu dan selalu menghibur sang raja. Lalu, Raja Harun Al-Rasyid pergi ke rumah Abu Nawas untuk melihatnya terakhir kali.

Saat berada di rumah Abu Nawas, Raja Harun Al-Rasyid bertanya kepada istri Abu Nawas apakah ada pesan terakhir yang disampaikan Abu Nawas untuk raja. Istri Abu Nawas pun berkata bahwa Abu Nawas memang ada pesan terakhir untuk raja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: