Megahnya Bangunan Gedung Kementrian di IKN Seniai 766 M, Begini Teknologi Utama Pembangunan Proyek ini

Megahnya Bangunan Gedung Kementrian di IKN Seniai 766 M, Begini Teknologi Utama Pembangunan Proyek ini

Maket Komplek IKN di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur--

Begini Megahnya Bangunan Gedung Kementrian di IKN Seniai 766 Miliar Rupiah

SUMEKS.CO- Untuk merealisasikan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur terus dikebut. 

Terbaru banguna-bangun perkantoran Pembangunan Bangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 2 (Bidang Perekonomian) di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara senilai Rp766 miliar, segera dimulai. 

Pihak yang mendapat kontrak baru adalah PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya). Dan  Penandatanganan kontrak proyek telah dilakukan antara Pejabat Pembuat Komitmen BPB Septian Fajri dan Executive Vice President (EVP) Divisi Gedung Hutama Karya Nyoman Endi Mahendra.

Turut menyaksikan Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi serta didampingi beberapa pejabat terkait.

Menurut Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi , pekerjaan utama pada proyek ini terdiri dari dua bagian, yakni bangunan gedung dan penataan kawasan. 

BACA JUGA:Kaltim Berduka, Istri Gubernur Isran Noor Meninggal Dunia

Gunadi merinci lingkup pekerjaan utama untuk bangunan gedung mencakup pekerjaan preliminary, arsitektur, interior, struktur, mekanikal gedung, elektrikal gedung, plumbing gedung, penilaian bangunan gedung hijau, dan penerapan smart building.

“Adapun lingkup pekerjaan utama untuk penataan kawasan meliputi pekerjaan geoteknik kawasan, pekerjaan 2 kolam retensi, lanskap kawasan, jalan, jembatan second walkway, kawasan multi utility tunnel, infrastruktur sumber daya air kawasan, mekanikal kawasan, elektrikal kawasan, dan plumbing kawasan,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, ada pula pekerjaan khusus pada proyek yang berada di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini. 

Pekerjaan khusus yang dimaksud berupa dewatering yang bermanfaat mencegah penumpukan sedimen, dan pekerjaan perkuatan lereng yang bermanfaat untuk melindungi lapisan permukaan lereng terhadap pengaruh erosi, menambah kestabilan lereng, dan menambah estetika.

“Proyek ini terdiri dari lima gedung dan pekerjaan struktur akan dimulai pada Juli 2023. Kami targetkan selesai pada Agustus 2024 mendatang,” tambah Gunadi.

BACA JUGA:Santri di Kaltim Dukung Ganjar pada Pilpres 2024

Proyek pembangunan bangunan gedung dan kawasan kantor Kemenko 2 merupakan salah satu dari total empat paket lelang pembangunan gedung dan kawasan Kementerian Koordinator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: