Saudi Airlines Angkut Haji Embarkasi Palembang 2023 Dominasi Lansia, Rahasia Kakek Umur 105 Tahun Siap Haji?

Saudi Airlines Angkut Haji Embarkasi Palembang 2023 Dominasi Lansia, Rahasia Kakek Umur 105 Tahun Siap Haji?

Saudi Arabia Airlines terbangkan Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Palembang 2023, kloter I dominasi Lansia. Foto: Sumeks.co--

Seorang jemaah caloin haji bernama Karto Yitno Ahmad Sadiyo kelahiran Wates, Jawa tengah tahun 1918 atau sudah berusia 105 tahun. 

Kakek yang memiliki 5 orang anak  dan istrinya telah meninggal dunia 32 tahun lalu berasal dari Desa Berasan Mulya Kec  Buay Madang Kabupaten Oku Timur Provinsi Sumsel menjadi Jemaah Haji tertua Embarkasi Palembang Tahun 2023.


Kakek Karto dari Desa Berasan Mulya, Buay Madang Oku Timur Sumsel menjadi Jemaah Calon Haji tertua Embarkasi Palembang Tahun 2023. Foto: Sumeks.co--

Untuk mewujudkan keinginanya beribadah haji, Kakek karto telah mendaftarkan diri untuk menunaikan ibadah haji tahun 2017, sebelumnya ia telah mulai menabung sepuluh tahun yang lalu. 

Akhirnya di tahun 2023 ini kakek Karto berhasil menjadi jemaah calon haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Palembang 2023 berdasarkan faktor prioritas usia di atas 83 tahun.

Alasan utama kakek Karto melaksanakan ibadah haji walaupun diusia 105 tahun ini hanya semata-mata untuk melaksanakan perintah Allah Subhana Wa Ta'ala. 

BACA JUGA:Ini Alasan Menag Mengapa Perlu Banyak Petugas Haji Wanita

Untuk melaksanakan ibadah haji di Makkah, Kakek karto di dampingi seorang pendamping bernama Pak Imam. Karena disamping faktor usia kakek karto juga tidak Fasih berbahasa Indonesia dan memiliki  pendengaran yang kurang.  

Sedangkan untuk surat menyurat dan obat-obatan dipersiapkan oleh anak-anaknya. 

Kakek Karto berprofesi sebagai petani padi ini masih kuat untuk melakukan aktivitas bertani seperti mencangkul,  menanam padi dan aktivitas bertani lainnya.

Di samping ini kakek Karto memiliki pola hidup yang sehat,  ia hanya mengkonsumsi makan yang direbus atau di batas. 

BACA JUGA:Tinjau Keberangkatan Jemaah Calon Haji 2023, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pastikan Jemaah Dapat Pelayanan Terba

Selain itu keseharian kakek karto selalu rahin melaksanakan salat lima waktu dan salat tahajud setiap hari.(usta)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: