Lahan di Tanjung Pasir Ogan Ilir Dibakar, Polsek Pemulutan Langsung Gerak Cepat

Lahan di Tanjung Pasir Ogan Ilir Dibakar, Polsek Pemulutan Langsung Gerak Cepat

Hotspot karhutla yang terjadi di di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir. Foto: dokumen/sumeks.co--

Lahan di Tanjung Pasir Ogan Ilir Dibakar, Polsek Pemulutan Langsung Gerak Cepat

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Personel Polsek Pemulutan bersama dengan Manggala Agni mendatangi titik hotspot di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Jumat 26 Mei 2023 sekitar pukul 14.45 WIB. 

Penemuan titik api panas tersebut setelah menerima informasi dari pantauan CAS BNPB Sumsel.

Hotspot itu berasal dari kebakaran hutan, dan lahan (karhutla) setelah terbakarnya vegetasi berupa pohon dan ranting dari orang yang membuka lahan.

"Dari hasil informasi kita terima bahwa ditemukan beberapa orang yang sedang berusaha memadamkan api tersebut, yang kemudian dibantu oleh personel Polsek pemulutan dan tim Manggala Agni, untuk memadamkan titik api tersebut dengan alat manual/alat seadanya," ujar  Kabid Humas, Kombes Pol Drs Supriadi, Sabtu 27 Mei 2023. 

BACA JUGA:WADUH! Sumsel Panas Bedengkang Perambah Mulai Ciptakan Karhutla, Waspada Jangan Sampai 7 Kawasan Gambut Terken

Setelah api padam, salah satu orang yang ikut memadamkan api, Said Salim (47) warga Dusun II, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten OI, dibawa ke Polsek pemulutan untuk dimintai keterangan.

"Untuk sementara saudara Said statusnya yang kita terima dari laporkan merupakan saksi," terang Supriadi.

Dari keterangan saksi Said bahwa lahan yang terbakar bukan miliknya, lahan tersebut adalah milik orang lain yang bernama Muchin warga Bangka Belitung.

Saksi hanya bertugas sebagai penjaga lahan dan dipekerjakan untuk membuka lahan.

BACA JUGA:Imbauan Larangan Karhutla, Polsek Tanjung Agung Sebar Brosur

“Pada saat kejadian kebakaran tersebut, saksi hendak mengantarkan makanan kepada operator excavator, namun pada saat itu juga saksi melihat dari kejauhan ada dua orang yang sedang membakar tumpukan pohon dan ranting yang sudah dibuka lahannya,” tambah dia.

Kemudian, saksi bersama anak dan istrinya mengejar kedua orang tersebut, namun orang itu berhasil kabur. 

Yang kemudian, saksi dan anak istrinya berusaha memadamkan api namun api sudah membesar, dan sampai rombongan Polsek Pemulutan dan Manggala Agni datang membantu baru api bisa padam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: