MASYAALLAH, UAS Jelaskan Soal Baca Surah Yasin Malam Jumat, Ternyata Banyak Keutaman yang Jarang Diketahui

MASYAALLAH, UAS Jelaskan Soal Baca Surah Yasin Malam Jumat, Ternyata Banyak Keutaman yang Jarang Diketahui

Ustaz Abdul Somad jelaskan keutamaan baca surah Yasin di malam Jumat.--

MASYAALLAH, UAS Jelaskan Soal Baca Surah Yasin Malam Jumat, Ternyata Banyak Keutaman yang Jarang Diketahui

SUMEKS.CO - Jangan ragu, ada suatu hadist yang menjelaskan soal keutamaan membaca surah Yasin pada malam Jumat, sesuai dengan dengan syariah dan tuntunan Rasulullah SAW.

Banyak diantara masyarakat sering mengamalkan bacaan surah Yasin di malam Jumat dengan tujuan untuk mendapat keberkahan dari Allah SWT. Bahkan, surah tersebut dikhususkan untuk para keluarga ataupun kerabat yang sudah meninggal.

Dalam hal ini, Ustaz Abdul Somad menerangkan bahwa, terdapat keutamaan serta Fadhilah dari membaca Al Quran surah yasin pada malam Jumat.

BACA JUGA:4 Hadiah Mobil yang Pernah Ditolak Ustaz Abdul Somad, Merknya Bukan Kaleng-kaleng

Tak hanya malam Jumat, Ustaz Abdul Somad juga menerangkan suatu hadist Rasulullah SAW mengenai keutamaan membaca surah Yasin pada malam-malam lainnya.

Ustaz Abdul Somad menerangkan, sunnah Rasulullah SAW itu terbagi menjadi tiga bagian yakni, perkataan, perbuatan, dan diam yang menunjukkan setujunya nabi terhadap suatu perkara yang dilakukan.

Lanjut Ustaz Abdul Somad, Rasulullah SAW memang tak membaca Yasin tapi nabi pernah mengatakan dalam suatu riwayat "Siapa yang membaca surat Yasin dalam suatu malam, maka ketika ia bangun pagi hari diampuni dosanya,". terang Ustaz Abdul Somad.

Untuk itu, Ustaz Abdul Somad menjelaskan sebagian kalangan ada yang mengambil malam mulia yakni, bertepatapan dengan malam Jumat.

BACA JUGA:UPDATE NEWS, Siapa Mau Ikut Lelang Mobil Jaguar Ustaz Abdul Somad? Silahkan Jemaah Daftar, Hubungi Ustaz Hatta

Karena, dalam hadist yang disampaikan Rasulullah SAW, sunnahnya membaca surah yasin itu pada malam hari. Namun, untuk rincian malam apa yang dianjurkan tidak disebutkan langsung.

"Yang disebutkan malam tapi tidak disebutkan malam apa. Jadi mau malam apa saja bebas. Bagusnya setiap malam. Tapi banyak yang mengambil di waktu yang pas yakni malam Jumat," ujar Ustaz Abdul Somad.

Sementara, banyak dikatakan di dalam riwayat mengenai keutamaan membaca surah Yasin. Salah satunya, Rasulullah SAW bersabda,  "Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti), dan kalbu Al Quran adalah surat Yasin"

"Barang siapa yang membacanya, maka Allah catat baginya karena bacaan surat Yasin itu pahala membaca Al Quran sepuluh kali," (Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini garib, yang tidak dikenalnya melainkan melalui hadis Humaid ibnu Abdur Rahman).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: