DAS-Gambut Jadi Kurikulum Muatan Lokal SD, Pemprov Sumsel Siap Perjuangkan ke Sekolah Lanjutan

DAS-Gambut Jadi Kurikulum Muatan Lokal SD, Pemprov Sumsel Siap Perjuangkan ke Sekolah Lanjutan

Edward Chandra mewakili Gubernur Herman Deru meluncurkan DAS dan gambut jadi kurikulum muatan lokal SD kelas IV, V, dan VI di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten OKI di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Kamis 25 Mei 2023. foto: dendi romi sumeks.co--

DAS-Gambut Jadi Kurikulum Muatan Lokal SD, Pemprov Sumsel Siap Perjuangkan ke Sekolah Lanjutan

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Pemerintah Provinsi Sumsel mengapresiasi perjuangan ICRAF atau World Agroforestry yang selama ini mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya dalam penyelamatan ekosistem gambut dan DAS (Daerah Aliran Sungai). 

“Pemprov Sumsel sangat bangga atas inisiasi ICRAF Indonesia yang telah berjuang menjadikan gambut dan DAS menjadi kurikulim muatan lokal untuk siswa kelas IV, V, dan VI SD di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten OKI,” kata Asisten I Setda Pemprov Sumsel H Edward Chandra yang mewakili Gubernur Herman Deru saat peluncuran kurikulum muatan lokal DAS dan gambut untuk kelas IV, V, dan SD Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten OKI di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Kamis 25 Mei 2023.

Dikatakatannya, penyelamatan ekosistem gambut dan DAS menjadi perhatian Gubernur Sumsel Herman Deru sejak beberapa tahun lalu. Setiap kali ICRAF Indonesia melakukan audiensi dengan Gubernur Herman Deru, selalu menjadi perhatian serius.

“Pak Gubernur (Herman Deru) sangat mendukung DAS dan gambut menjadi kurikulum muatan lokal di SD,” ujarnya. 

BACA JUGA:Ini Anggaran Pemerintah Kanada Biayai Pengelolaan Lahan Gambut

Bentuk dukungan terhadap kurikulum muatan lokal DAS dan gambut tersebut, lanjut Edward Chandra, tentu Pemprov Sumsel akan meningkatkannya menjadi kurikulum muatan lokal untuk jenjang pendidikan SMP dan SMA.

“Kita tingkatkan jadi kurikulum muatan lokal (DAS dan gambut) SMP dan SMA,” terangnya.

Dia meminta kepada ICRAF dan Forum DAS Sumsel untuk mengevaluasi penyelamatan ekosistem gambut terhadap Kabupaten Banyuasin dan OKI yang telah menjadikan kurikulum muatan lokal bagi siswa kelas IV, V, dan SD. Apakah kebakaran lahan gambut dan menjaga ekosistem sungai bisa terjaga. 

“Anak kecil yang sudah mempunyai wawasan tentu akan mengingatkan orang tuanya yang merusak lingkungan. Khususnya lahan gambut dan DAS,” terangnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: