Kemenkumham Babel Gelar Bimtek Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten

Kemenkumham Babel Gelar Bimtek Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten

--

Kemenkumham Babel Gelar Bimtek Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten Bagi Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang di Babel

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Dorong peningkatan pendaftaran Paten, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung gelar kegiatan Bimbingan Teknis Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi paten bagi Perguruan Tinggi dan Lembaga Penilitan dan Pengembangan (Litbang) wilayah Bangka Belitung, di Hotel Santika Bangka, Senin 22 Mei 2023.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankumham), Eva Gantini menyampaikan, maksud dari pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis penelusuran dan pemanfaatan informasi paten ini adalah memberikan informasi dan pemahaman tentang teknis pendaftaran paten dengan berbasis aplikasi.

“Sedangkan tujuannya adalah agar inventor dan operator paten pada sentra kekayaan intelektual dapat mendorong dalam peningkatan permohonan pendaftaran paten,” ujar Eva.

Kadivyankumham Eva menyebutkan, peserta pada kegiatan ini sejumlah 43 orang, yang terdiri dari perwakilan 9 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Balitbang Provinsi dan Kabupaten, serta Dinas di Kabupaten/Kota Provinsi Babel.

BACA JUGA:Polda Sumsel Tak Terpengaruh Aksi Sumpah Pocong Tersangka Kasus Dugaan Pencabulan Rian Antoni

Membuka kegiatan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Harun Sulianto menyampaikan jika Kekayaan Intelektual dibedakan menjadi 2 jenis, yakni komunal dan personal.

Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) bersifat komunal dan memiliki nilai ekonomis dengan tetap menjunjung tinggi nilai moral, sosial, dan budaya bangsa.

KIK terdiri dari Sumber Daya Genetik (SDG), seperti tumbuhan, hewan dan jasad renik. Kemudian ada Indikasi Geografis (IG), adalah keunikan suatu barang karena faktor alam, manusia, atau keduanya.

Selanjutnya adalah Pengetahuan Tradisional (PT), seperti ramuan, obat-obatan, produk pangan dan kerajinan; dan Ekspresi Budaya Tradisional (EBT), seperti bahasa, tarian daerah, pakaian dan upacara adat.

BACA JUGA:Kloter Kedua Gelombang Pertama, 220 JCH Prabumulih Berangkat 27 Mei 2013

Sementara itu, menurut Harun, kekayaan intelektual personal meliputi hak cipta, paten, merek, rahasia dagang, desain tata letak sirkuit terpadu, desain industri dan rahasia dagang.

Kakanwil Harun menjelaskan tentang paten, yang merupakan penemuan baru yang inovatif dan menjadi solusi atas permasalahan di kehidupan dan dapat diterapkan dalam industri.

Sedangkan paten sederhana adalah paten yang diberikan terhadap penemuan berupa produk atau alat yang baru dan mempunyai nilai kegunaan praktis disebabkan bentuk, konfigurasi, konstruksi, atau komponennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: