Tingkatkan SDM 40 Guru SMP Ikuti Diklat TIK

Tingkatkan SDM 40 Guru SMP Ikuti Diklat TIK

DIKLAT : Sebanyak 40 guru SMP se-Kabupaten Muara Enim mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Peningkatan Guru Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).--

Tingkatkan SDM 40 Guru SMP Ikuti Diklat TIK

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Untuk meningkatkan SDM guru dibidang pendidikan berbasis TIK, sebanyak 40 guru SMP se-Kabupaten Muara Enim mengikuti 

kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Peningkatan Guru Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemkab Muara Enim Tahun 2023 di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Senin 22 Mei 2023.

Kepala BKPSDM Muara Enim Harson Sunardi, mengatakan bahwa guru merupakan salah satu profesi yang sangat mulia, tugas guru yang harus dijalani meliputi mendidik, mengajar, dan melatih. 

Dalam melakukan tugasnya, guru berperan sebagai fasilitator, inisiator, dan motivator.

BACA JUGA:Sosialisasi Rencana Pembangunan Talud Di Sepanjang Sungai Enim

Guru harus mampu mengakomodasikan dinamika perubahan yang terjadi dalam lingkup nasional, regional, dan global, dengan tetap berpegang pada fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional.

Dikatakan Harson, bahwa pendidikan berbasis teknologi nampaknya semakin berkembang di era globalisasi ini, hal ini berpengaruh terhadap arus informasi dan komunikasi secara global, sehingga berbagai informasi dari berbagai belahan dunia mudah diakses. 

"Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka perlu dimanfaatkan demi terwujudnya kemajuan pada Indonesia," ujarnya.

Untuk mengimbangi pendidikan di teknologi di dunia pesatnya perkembangan Pendidikan, guru sebagai faktor penting dalam keberhasilan sebuah pendidikan diharuskan untuk memiliki kompetensi yang mumpuni dalam hal teknologi pendidikan. 

BACA JUGA:Alhamdulillah! Kabupaten Lahat Peringkat 4 Lomba STQH di Lubuklinggau

Sebab, kata dia, hal ini berpengaruh terhadap penciptaan proses pembelajaran yang efektif dan aktif dengan melibatkan bantuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Adapun tujuan diadakannya pendidikan dan pelatihan ini, lanjut Harson adalah dalam upaya peningkatan kemampuan teknis bagi guru dalam melaksanakan tugasnya selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Guru harus menyadari akan perlunya perubahan untuk meningkatkan kompetensinya. Pencapaian tujuan dan kualitas pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor yang salah satunya dapat mempengaruhi Pencapaian tujuan dan kualitas pembelajaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: