INOVASI TERBARU, Permudah Pengguna Jasa, Pelindo Luncurkan Aplikasi STID dan SIMON TKBM

INOVASI TERBARU, Permudah Pengguna Jasa, Pelindo Luncurkan Aplikasi STID dan SIMON TKBM

Pelindo Regional Palembang meluncurkan dan sosialisasi aplikasi STID dan SIMON TKBM, Selasa 16 Mei 2023.-foto sumeks.co-

1NOVASI TERBARU, Permudah Pengguna Jasa, Pelindo Luncurkan Aplikasi STID dan SIMON TKBMtkbm,

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang (Pelindo Regional 2 Palembang) bersama KSOP Kelas II Palembang meluncurkan dan mensosialisasikan 2 aplikasi.  

Yaitu Single Truck Identification Data (STID) dan Sistem Informasi Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM) yang tujuannya mempermudahkan pengguna jasa PT Pelindo.

STID dan SIMON TKBM diterapkan pada Terminal Petikemas dan Non Petikemas Pelindo Regional 2 Palembang bekerjasamadengan KSOP Kelas II Palembang.

BACA JUGA:Selain Cantik, Tanaman Hias Tapak Dara Punya Manfaat yang Baik untuk Kesehatan

Kedua aplikasi Pelindo itu, sudah menjadi program kerja Pelindo sebagai bentuk implementasi dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS PK). 

Selain itu Single TID & SIMON TKBM juga sebagai transformasi digital dalam pendataan data serta pengawasan kegiatan bongkar muat di dalam Pelabuhan.

Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasitrukdisemua terminal operasi Pelabuhan, optimalisasi pelayanan operasional pada terminal peti kemas dan non petikemas, digitalisasi serta keamanan orang dan barang pada area Pelabuhan secaratransparansi.

BACA JUGA:Satu Komisioner KPU Palembang Kosong, ini Kata Ketua

”Kedua aplikasi itu merupakan bagian dari STRANAS PK dalam rangka Pengelolaan Pelabuhan yang lebih baik dan transparan, tentunya semua itu bisa terwujud atas dukungan dari semua pihak,'' kata Kepala KSOP Kelas II Palembang yang diwakilkan Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Mohammad Ichsan, Selasa 16 Mei 2023. 

Dia mengatakan, selaku regulator, akan diselingi dengan Pelindo Regional 2 Palembang dan semua stakeholder terkait dalam program tersebut. 

Program STID itu sendiri diharapkan dapat menunjang aktivitas kegiatan operasional, kebutuhan logistik mulai dari ekspor, impor, bongkar muat barang, dan kegiatan keluar masuk melalui gerbang Pelabuhan.

BACA JUGA:Subhanallah! Ada 2 Amalan Bakal Jadi Penerang Saat Kiamat, Mudah Tapi Sedikit yang Mengerjakan, Apa Itu?

Sementara program SIMON TKBM berfungsi mengawasi tenaga kerja bongkar muat. Baik yang berkegiatan di Pelabuhan Palembang dengan memanfaatkan teknologi informasi SIMON TKBM, memuat database TKBM tersentralisasi,'' tutup Mohammad Ichsan.'' (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: