Simak, Sinergitas Pemkab Muba, TNI-Polri Antisipasi Darurat Karhutla 2023

Simak, Sinergitas Pemkab Muba, TNI-Polri Antisipasi Darurat Karhutla 2023

Pemkab Muba bersama TNI Polri bersiap mengantisipasi karhutla yang diprediksi terjadi di musim kemarau tahun ini.-foto sumeks.co-

Simak! Sinergitas Pemkab Muba, TNI-Polri Antisipasi Darurat Karhutla 2023

SEKAYU, SUMEKS.CO -  Pemkab Muba (Musi Banyuasin) mengantisipasi darurat karhutla 2023 dengan memperkuat sinergitas bersama TNI-POLRI laksanakan rapat aktivasi Posko Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (KARHUTBUNLAH) Kabupaten Muba di Auditorium, Senin  8 Mei 2023.

Pemkab Muba melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar rapat dipimpin Pj Bupati Muba H Apriyadi melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Yudi Herzandi SH MH.

BACA JUGA:Dr Vincent Clinic Beauty Palembang Pindah Tempat, ini Lokasinya

Tampak hadir perwakilan Manggala Agni, perwakilan perusahaan yang beroperasi di dalam wilayah Kabupaten Muba.

''Salah satu bentuk antisipasi darurat karhutla adalah dengan meningkatkan kesiapsiagaan.,'' kata H Yudi Herzandi.

Sementara Kepala BPBD H Pathi Ridwan dalam laporannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menghadapi pencegahan dan jika terjadi bencana Karhutla wilayah, dan menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo pada Rakornas BNPB tahun 2023.

Adapun arahannya sebagai berikut, Sistem peringatan dini dimaksimalkan dan diterima oleh masyarakat sebelum terjadinya bencana.  Edukasi dan pelatihan bagi masyarakat untuk mengantisipasi potensi bencana harus dilakukan. 

Tata ruang, konstruksi dan lokasi bangunan diperhitungkan ketahanan dari potensi risiko bencana Selanjutnya, penyesuaian anggaran dalam penanggulangan bencana disiapkan dan ditingkatkan. 

Pemangku kebijakan baik pusat maupun daerah dapat menyederhanakan aturan untuk masyarakat. Seluruh pelaksanaan penanggulangan bencana di lapangan selalu dikontrol.

Oleh karena itu, lanjutnya dalam pertemuan ini mari kita menyamakan persepsi dalam mencegah dan menangani Karhutbulah di wilayah Kabupaten Muba.

BACA JUGA:WAS-WAS! Ada 200 Titik Panas Baru di Sumatera Selatan, Ini Antisipasi Bencana Karhutla 2023 dan Kekeringan

"Untuk mencegah dan menanggulangi bahaya Karhutla bukan hanya tanggung jawab TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saja. Melainkan, juga menjadi tanggung jawab kita bersama, '' tandas dia.

Sementara, Dandim 0401 Muba Letkol Arm Dede Sudrajat SH dalam sambutannya menegaskan agar pihak terkait untuk pahami tugas masing-masing sesuai SK Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: