SUBHANALLAH! Diprediksi Dua Fenomena Alam Akan Terjadi dalam Satu Malam, Ini Penjelasan Ahli Antariksa

SUBHANALLAH! Diprediksi Dua Fenomena Alam Akan Terjadi dalam Satu Malam, Ini Penjelasan Ahli Antariksa

Dua fenomena alam itu yakni Gerhana Bulan Penumbra (GBP) dan hujan meteor yang disebut Eta Aquarid, tepat pada malam ini Jumat 5 Mei 2023.--

 

SUBHANALLAH! Diprediksi Dua Fenomena Alam Akan Terjadi Dalam Satu Malam, Ini Penjelasan Ahli Antariksa

SUMEKS.CO - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi pada malam ini, akan terjadi dua fenomena alam dalam satu malam.

Dua fenomena alam itu yakni Gerhana Bulan Penumbra (GBP) dan hujan meteor yang disebut Eta Aquarid, tepat pada malam ini Jumat 5 Mei 2023.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRI, Rhorom Priyatikanto dalam keterangan tertulisnya menyebutkan hujan meteor terjadi saat bumi memasuki aliran meteorit.

BACA JUGA:LF PBNU Nyatakan Salat Khusuf Gerhana Bulan Penumbra Tak Disunnahkan, Tolak Perintah Rasulullah SAW?

Dijelaskan Rhorom aliran meteorit atau sisa dari komet Halley terjadi saat melintas puluhan tahun silam.

Meski munculnya bersamaan dalam satu malam, Rhorom menerangkan kedua fenomena ini tidak saling berkaitan satu sama lain.

"Meski bersamaan, keduanya merupakan fenomena yang tidak saling berkaitan," ungkap Rhoom.

Rhorom membeberkan fenomena alam GBP yang terjadi tidak terlalu istimewa, namun momen GBP ini bisa dijadikan referensi validasi dalam metode hisab.

BACA JUGA:Peristiwa Besar Pasca Gerhana Bulan Penumbra Malam Ini Benar Terjadi, Begini Penjelasan Hadist Rasulullah SAW

"Saat fenomena bulan penumbra terjadi, masyarakat akan cukup sulit menyaksikannya tanpa bantuan kamera karena hanya berupa peredupan purnama," kata Rhorom.

Fenomena gerhana bulan ini, lanjut Rhorom tidak seperti gerhana sebagian atau total yang membuat bulan tampak berwarna kemerahan.

Lantas dimana saja dan kapan waktunya bisa melihat fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra yang diprediksi terjadi malam ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: