WOW...Siap-Siap Tidak Lama Lagi Indonesia Kembali Akan Disambangi Fenomena Alam GBP, Catat Tanggalnya

WOW...Siap-Siap Tidak Lama Lagi Indonesia Kembali Akan Disambangi Fenomena Alam GBP, Catat Tanggalnya

gerhana bulan penumbra bisa dilihat dr wilayah indonesia--

WOW...Siap-Siap Tidak Lama Lagi Indonesia Kembali Akan Disambangi Fenomena Alam GBP, Catat Tanggalnya

SUMEKS.CO,- Siap-siap, tidak lama lagi Fenomena alam berupa gerhana kembali akan menghampiri dan dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Diprediksi fenomena alam yang dimaksud, adalah fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra (GBP) yang bakal terjadi diawal bulan Mei 2023 mendatang.

Dihimpun dari berbagai sumber, Koordinator Bidang Tanda Waktu pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisik (BMKG), Himawan Widianto memprediksi Gerhana Bulan Penumbra atau GBP terjadi pada tanggal 5 dan 6 April 2023 mendatang.

"Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada Jumat 5 April 2023 dan puncaknya Sabtu 6 April 2023 sekira pukul 00.23 wib tengah malam," kata Himawan.

BACA JUGA:Nah Lho...Wanita Bicara Gerhana Pakai Primbon Jawa Ternyata juga Bahas Menggandakan Uang dengan Cara Instan

Diterangkan Himawan, GBP adalah fenomena alam yakni terhalangnya cahaya pada matahari oleh bumi ke bulan.

Yang mana fenomena gerhana ini terjadi saat posisi Bulan, Bumi dan Matahari tidak persis sejajar.

Sementara, dijelaskan Himawan penumbra merupakan bayangan berbentuk kerucut yang terjadi karena cahaya Matahari terhalang oleh Bumi.

Masyarakat tidak perlu khawatir, dikatakan Himawan GBP ini dapat diamati langsung dengan mata telanjang di seluruh Indonesia.

Berdasarkan prediksi, lanjut Himawan GBP yang melintasi Indonesia akan terjadi lagi satu tahun kemudian tepatnya pada bulan Maret 2024 mendatang, namun hanya bisa dilihat di wilayah Indonesia bagian Timur.

"Dan gerhana bulan serupa yang bisa dilihat di seluruh Indonesia lagi akan terjadi pada bulan Mei tahun 2041 mendatang,"tukasnya.

BACA JUGA:Alamak! Tak Hanya Bicara Gerhana Sesuai Primbon, Wanita Ini Bicara Utang Karma dan 9 Weton Rezeki Melimpah

Sementara itu, menurut siaran pers BMKG selain wilayah Indonesia, GBP juga dapat dilihat di sebagian besar wilayah Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: