Ganasnya Inflasi! Uang Rp1 juta Tahun 2010 Setara dengan Rp1,73 juta Tahun 2023, Investasi Tepat Solusinya

Ganasnya Inflasi! Uang Rp1 juta Tahun 2010 Setara dengan Rp1,73 juta Tahun 2023, Investasi Tepat Solusinya

Tingkat inflasi yang terjadi pada rentan waktu 2010 hingga sekarang mencapai 73 persen.--

Ganasnya Inflasi! Uang Rp1 juta Tahun 2010 Setara dengan Rp1,73 juta Tahun 2023, Investasi Tepat Solusinya

SUMEKS.CO - Tahukan anda? Sejak tahun 2010 terjadi peristiwa inflasi, hingga membuat nilai mata uang Rp1 juta setara dengan Rp1,73 juta ditahun 2023.

Perlu diketahui juga, inflasi yang terus naik apabila tidak dibarengi peningkatan pendapatan bisa membuat nilai daya beli merosot.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Senin 1 Mei 2023, dari data secara kumulatif, tingkat inflasi yang terjadi pada rentan waktu 2010 hingga sekarang mencapai 73 persen atau setara dengan 5,6 persen pertahunnya.

BACA JUGA:WOW! Hari Ini, Uang Koin 1000 Rupiah Kelapa Sawit Dihargai Rp 20 Juta

Diketahui, inflasi dapat diartikan kenaikan harga barang dan jasa secara umum dalam jangka waktu tertentu.

Kenaikan harga barang membuat nilai saya beli cenderung merosot, karena umumnya membutuhkan pendapatan yang besar untuk membeli barang.

Singkatnya, inflasi berhubungan erat dengan penurunan daya beli masyarakat, karena semakin tinggi inflasi maka nilai saya beli semakin menurun

Selain itu, inflasi juga berkorelsi dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (Amerika Serikat), yang merupakan mata uang acuan dunia.

BACA JUGA:Mau Bikin Pasangan Anti Selingkuh, Suzuki Celerio 2023 Teknologi Canggih dengan Harga Rp97 Juta

Secara teori, inflasi yang tinggi cenderung menurunkan nilai tukar rupiah karena menurunkan daya beli relatif rupiah terhadap mata uang asing. 

Sebaliknya, nilai tukar rupiah yang melemah akan meningkatkan inflasi karena meningkatkan biaya impor barang dan jasa yang berdampak pada kenaikan harga.

Penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dapat berdampak negatif terhadap daya beli masyarakat. Sejak 2010, nilai tukar rupiah sudah merosot 57% secara akumulatif terhadap dolar.

Untuk itulah, bagi masyarakat pentingnya investasi yang tepat disaat terjadinya inflasi seperti yang terjadi saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: