Ngeri! Para Ilmuwan Prediksi Usia Matahari tak Bertahan Lama, Ukuran Berubah, Bumi dan Planet Lain Ditelan

Ngeri! Para Ilmuwan Prediksi Usia Matahari tak Bertahan Lama, Ukuran Berubah, Bumi dan Planet Lain Ditelan

Para Ilmuwan Prediksi Usia Matahari tak Bertahan Lama--

Ngeri! Para Ilmuwan Prediksi Usia Matahari tak Bertahan Lama, Ukuran Berubah, Bumi dan Planet Lain Ditelan

SUMEKS.CO - Para ilmuwan memperkirakan umur matahari tak akan bertahan lama, dikarenakan hidrogen yang menjadi bahan bakar utamanya akan kehabisan dalam kurun waktu lebih kurang 500 tahun kedepan.

Sinar matahari yang selama ini menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia, kelak berangsur meredup dan berhenti menyinari hamparan bumi disebabkan berkurangnya pasokan hidrogen.

Jika dibandingkan dengan benda langit lainnya, matahari yang saat ini menginjak usia 4,5 miliar tahun tergolong cukup muda. Pasalnya, benda langit yang berada di alam semesta usianya bisa mencapai puluhan miliar tahun.

BACA JUGA:Hadist Rasulullah SAW Tentang Munculnya Imam Mahdi, Banyak Ulama Kaitkan dengan 3 Putra Mahkota Arab Saudi

Dikutip dari kanal YouTube @bukamata, Senin 1 Mei 2023, disebutkan bahwa matahari hanya bisa bertahan hingga 5 miliar tahun.

Selain disebabkan habisnya nitrogen, reaksi fusi nuklir juga akan berhenti yang menyebabkan inti bintang akan mengkerut akibat gravitasi.

"Pada tahap ini lapisan terluar yang masih memiliki hidrogen, akan memanas dan membuat matahari berubah menjadi raksasa merah yang akan terus mengembang menelan planet lainnya," tulis di deskripsi video.

Dikatakan, planet lain yang ada di alam semesta akan ditelan matahari seperti Merkurius, bahkan tak menutup kemungkinan bumi pun akan ikut ditelan.

BACA JUGA:Alquran Terbuka Didasar Laut, Lembaran Kisah Nabi Nuh, Netizen Sebut Kuasa Allah SWT

Selanjutnya, setelah semua helium menghilang gaya gravitasi kembali mengambil alih dan matahari pun akan menyusut menjadi katai putih.

Selain itu, dikutip dari IFLscience, diperkirakan panasnya matahari akan mengalami peningkatan hingga mencapai 10 persen dari sebelumnya. Akibat meningkatnya suhu panas tersebut, lautan akan menguap dan mengakibatkan kekeringan.

Lebih dari itu, Bumi akan menjadi planet semacam Venus yang mampu melelehkan semua benda apapun di dalamnya. Dan dimungkinkan bumi akan hancur tak tersisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: