Keseruan Naik Stempel di Sungai Komering, Wisata Murah Meriah di Hari Raya Idul Fitri

Keseruan Naik Stempel di Sungai Komering, Wisata Murah Meriah di Hari Raya Idul Fitri

-Niskiah-

Keseruan Naik Stempel di Sungai Komering, Wisata Murah Meriah di Hari Raya Idul Fitri

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) diisi warga dengan wisata naik Stempel di Sungai Komering.

Seperti Minggu, 23 April 2023, puluhan stempel telah berbaris rapi dipinggir Sungai Komering, Kayuagung, siap mengangkut penumpang berkeliling Sungai Komering.

Pemerintah Kabupaten OKI dalam hal ini Dinas Perhubungan menghimbau kepada masyarakat untuk mengutamakan keselamatan.

"Kita menghimbau kepada penumpang yang naik stempel agar tetap utamakan keselamatan," ujar Kepala Dishub OKI, Alexander Bustomi SP, kepada SUMEKS.CO, Minggu 23 April 2023.

BACA JUGA:Tradisi Perantau Desa Penyandingan-Seriguna OKI, Ziarah Makam di Lebaran Idulfitri Kedua

Menurut dia, kegiatan stempel pada hari ini bukan kegiatan Pemkab OKI, tetapi stempel atau speed boat setiap Lebaran Idulfitri selalu ada untuk hiburan di Kayuagung. Maka pihaknya bersama Pol Airud Polres OKI dan unsur terkait menjaga keamanannya.

"Stempel stempel ini datang sendiri setiap Lebaran seperti ini karena sebagai hiburan. Jadi pihaknya bersama Pol Airud Polres OKI berjaga dan berikan himbauan," terangnya.

Dijelaskan Alex, himbauan kepada masyarakat atau penumpang yang menaiki stempel untuk menjaga keselamatan dan keeamananya dengan cara mintalah life jacket kepada operator speed boat atau stempel.

Lalu, life jacket yang didapat gunakan selama berada di atas sungai. Jangan naik speed boat yang telah melebihi muatan/kapasitas penumpang.

BACA JUGA:Warga Muhammadiyah Kampung Pancasila OKI Salat Ied di Halaman Ponpes Al Manar

"Jadi apabila muatan sudah penuh jangan memaksakan diri untuk naik," tegas Alex.

Alex menegaskan, kepada masyarakat jangan berdiri atau duduk ditepian speed boat, karena membahayakan penumpang. Dan kepada anak anak untuk tidak diajak naik stempel.

Terpenting lagi, Alex menyampaikan, tegur operator/serang jika mengemudi bersikap ugal ugalan, zig zag ataupun dengan kecepatan tinggi.

"Jadi mintai menepi bila serang nya dengan kecepatan tinggi," kata Alex.

BACA JUGA:Mudik Menggunakan Transportasi Air, ini Saran Kadishub OKI

Dikatakan, untuk stempel stempel yang ada ini rata rata datang dari luar Kabupaten OKI yakni Jalur Banyuasin, Tanjung Raja Ogan Ilir dan Palembang.

Para pengemudi stempel sengaja datang untuk  menarik penumpang. Karena di Kayuagung stempel sebagai hiburan masyarakat di libur Lebaran Idulfitri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: