Mudik Lebaran, Kapolres OKI Imbau Masyarakat Titip Rumah ke RT

Mudik Lebaran, Kapolres OKI Imbau Masyarakat Titip Rumah ke RT

Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH mengecek personel pada apel pasukan Operasi Ketupat Musi 2023, di halaman Pemkab OKI. Foto: Niskiah/sumeks.co--

Mudik Lebaran, Kapolres OKI Imbau Masyarakat Titip Rumah ke RT

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Mudik merupakan tradisi tahunan yang dilakukan masyarakat, setiap mendekati Hari Raya Idulfitri atau Lebaran setiap tahunnya. 

Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH mengatakan, tradisi mudik ke kampung halaman membuat masyarakat meninggalkan rumahnya beberapa hari. 

Maka diimbau kepada semua masyarakat khususnya Kayuagung agar menitipkan rumahnya ke RT di lingkungan masing-masing sebelum mudik. 

"Kita imbau masyarakat untuk lapor ke RT lingkungan, agar rumah kosong yang hendak ditinggalkan mudik agar aman," ujar Kapolres OKI dibincangi SUMEKS.CO, belum lama ini. 

BACA JUGA:Mudik Lebaran, Pastikan Anda Menerapkan 10 Tips Berikut

Ditegaskan Kapolres, masyarakat yang hendak mudik yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong agar aman untuk dititipkan ke ketua RT, maka dapat dijaga. 

Lalu, nantinya pihak RT/RW lingkungan berkoordinasi dengan Babinkamtibmas, Babinsa Kodim 0402/OKI, RT dan aparat desa berpatroli mengawasi lingkungan. 

Sedangkan untuk lingkungan perumahan, warganya bisa menitipkan kepada security perumahan. Kemudian dilakukan one gate system untuk memudahkan pengawasan. 

"Di saat ditinggal mudik dan rumah dalam kosong bisa mengundang terjadinya pencurian. Untuk itu warga sebaiknya mengecek kembali kondisi keamanan rumahnya dan harus dititip kepada RT," terang Kapolres, diwawancari usai apel pasukan Operasi Ketupat Musi 2023, di halaman Pemkab OKI. 

BACA JUGA:Ini Jumlah Kendaraan Melintas Arus Mudik Lebaran Idulfitri 2023 di Tol Kayuagung-Palembang

Kapolres menekankan, pastikan rumah sudah dalam keadaan terkunci dan listrik dalam keadaan mati guna menghindari korsleting listrik. 

Masih kata Kapolres, selama libur lebaran ini Babinkamtibmas bersama Babinsa dan tim berpatroli dan meningkatkan jam patroli, terutama di lingkungan perumahan masyarakat dan wilayah yang jauh dari petugas keamanan.

"Jadi kita menyiapkan tim patroli, untuk antisipasi terjadi pencurian di rumah kosong. Imbauan untuk masyarakat agar waspada saat meninggalkan rumahnya," pungkas Kapolres OKI. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: