Antisipasi Kemacetan, Ribuan Warga Sumsel Mudik Gratis Lebaran 2023 Pakai Bus dan Kereta Api

Antisipasi Kemacetan, Ribuan Warga Sumsel Mudik Gratis Lebaran 2023 Pakai Bus dan Kereta Api

Ribuan warga Sumsel dilepas Gubernur Sumsel dalam program mudik gratis Lebaran 2023 di Terminal ALL. Foto: dokumen/sumeks.co--

Antisipasi Kemacetan, Ribuan Warga Sumsel Mudik Gratis Lebaran 2023 Pakai Bus dan Kereta Api

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mendampingi Gubernur Sumsel, H Herman Deru melepas pemberangkatan mudik gratis dengan tujuan mudik dalam dan luar provinsi Sumsel dengan menggunakan moda bus dan kereta api.

Kegiatan ini dilakukan di terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang, Rabu 19 April 2023 yang disaksikan para pemudik di dalam bus yang telah disiapkan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel Ari Narsa mengatakan, bahwa kegiatan ini dalam rangka memberikan fasilitas kepada masyarakat, yang membutuhkan kendaraan untuk pulang kampung lebaran bersama keluarga.

"Dengan program kita ini dapat mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan khususnya sepeda motor. Sehingga dapat menciptakan keamanan dan ketertiban berlalu lintas," terang dia.

BACA JUGA:230 Peserta Berangkat Bersama Program Mudik Gratis dari PUSRI Palembang, Ini Potret Wajah Ceria Pemudik

Dirinya menuturkan, bahwa ini merupakan tahun kedua penerapan program mudik gratis, dimana tahun sebelumnya juga dilakukan hal yang sama, yang berbeda tahun ini ditambah dengan transportasi kereta api.

"Program yang kita lakukan ini merupakan inisiasi dari Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengenai memfasilitasi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Dan ini tahun kedua penerapan program mudik gratis ini," katanya.

Jumlah bus yang disediakan dalam kegiatan ini yakni 19 bus dengan rincian 12 unit melayani antar kota, antar kabupaten dalam provinsi Sumsel dengan rute Palembang-Lahat-Pagaralam-Pendopo sebanyak tiga bus, Palembang-Lahat-Tebing Tinggi sebanyak dua bus, Palembang-Sekayu-Lubuklinggau-Muratara atau Rupit sebanyak tiga bus.

Kemudian Palembang-Kayuagung-Blitang-Muara Dua sebanyak satu bus dan Palembang-Muara Enim-Baturaja-Martapura-Muara Dua sebanyak tiga bus.

BACA JUGA:Slot untuk Pendaftaran Mudik Gratis Kapal Laut dan Kereta Api Kuotanya Masih Tersedia

Untuk Luar provinsi total armada tujuh bus, dengan rincian Palembang-terminal amplas medan sebanyak satu bus, Palembang-Padang Sidempuan, Sumut sebanyak satu bus, Palembang-Bukit Tinggi, Sumbar sebanyak satu bus, Palembang-Solok Lubuk Basung Sumbar sebanyak satu bus dan Palembang-Terminal Tirtonadi Solo sebanyak tiga bus.

"Dari data yang kita terima untuk penumpang bus sebanyak 748 orang (472 orang dalam provinsi dan 276 orang di luar provinsi), sedangkan penumpang kereta api sebanyak 1.272 orang," ujarnya.

Untuk Kereta api dilakukan dua rangkaian (Palembang-Prabumulih-Muara Enim-Lahat-Tebing Tinggi-Lubuklinggau) dan satu rangkaian berikutnya (Palembang-Prabumulih-Baturaja-Martapura-Tanjung Karang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: