Hot Info! Walikota Sukabumi Keukeh Tak Berikan Izin, Jemaah Muhammadiyah Pindahkan Lokasi Sholat Ied

Hot Info! Walikota Sukabumi Keukeh Tak Berikan Izin, Jemaah Muhammadiyah Pindahkan Lokasi Sholat Ied

Pengurus Muhammadiyah Kota Sukabumi akhirnya memutuskan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriyah dilaksanakan di area Kantor Muhammadiyah Sukabumi.--

Walikota Sukabumi Keukeh Tak Berikan Izin, Jemaah Muhammadiyah Pindahkan Lokasi Sholat Ied

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jemaah Muhammadiyah Kota Sukabumi akhirnya memindahkan lokasi pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 Hijriyah. Menyusul, tak diberikannya izin pelaksanaan Sholat Ied di Lapangan Merdeka oleh Walikota Sukabumi, H Achmad Fahmi.

Pengurus Muhammadiyah Kota Sukabumi akhirnya memutuskan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 Hijriyah dilaksanakan di area Kantor Muhammadiyah Sukabumi dan Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI).

"Shalat Ied pada Hari Jumat pagi tanggal 21 April 2023 itu akan dilakukan di Kampus Ummi di Jalan R Syamsudin," terang Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Sukabumi, Ade Rahmatullah.

BACA JUGA:Abdul Muti Berikan Apresisasi, Akhirnya Muhammadiyah Boleh Shalat Ied di Lapangan Mataram dan Merdeka

Menurut Ade, berdasarkan pertemuan dengan Walikota Sukabumi, Senin, 17 April 2023, jika di Kampus UMMI tidak cukup, maka Jalan R Syamsudin juga akan digunakan untuk menampung jemaah. 

Sebagai bentuk dukungan kepada jemaah Muhammadiyah yang akan melaksanakan Sholat Ied, Pemkot Sukabumi akan melakukan penutupan Jalan R Syamsudin ketika jemaah Muhammadiyah melaksanakan Sholat Ied.

"Menurut Pak Walikota pihaknya sudah meminta izin kepada warga terkait penutupan jalan pada saat jemaah Muhammadiyah sedang menjalankan Sholat Ied," terangnya.

Terkait surat pengajuan peminjaman Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Ade menjelaskan, bahwa pihaknya beberapa waktu lalu memang telah mengajukan surat ke Pemkot Sukabumi.

BACA JUGA:INFO TERKINI! Hanya Wako Pekalongan Anulir Keputusan. Warga Muhammadiyah Bisa Salat Ied di Lapangan

Dan setelah mendapatkan jawaban dari Pemkot Sukabumi, ternyata jawabannya tidak sesuai dengan harapan seluruh jemaah Muhammadiyah Sukabumi. 

"Pak Walikota memang telah membalas surat tersebut dan menyatakan pihaknya menunggu keputusan pemerintah pusat tentang pelaksanaan sholat Idul Fitri," paparnya.

Terpisah, Walikota Sukabumi, H Achmad Fahmi, membantah melarang Muhammadiyah menggunakan Lapangan Merdeka untuk Shalat Ied pada 21 April 2023 mendatang.

Menurut Fahmi, surat balasan dari Pemkot Sukabumi sebagaimana yang viral beredar di media sosial saat ini, tidak menyatakan kalau Pemkot Sukabumi melarang jemaah Muhammadiyah melaksanakan Sholat Ied di Lapangan Merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: