Yuk Disimak! Selain Gerhana Matahari Hibrid, Ada 3 Fenomena Gerhana Lagi yang Bakal Terjadi di Tahun 2023

Yuk Disimak! Selain Gerhana Matahari Hibrid, Ada 3 Fenomena Gerhana Lagi yang Bakal Terjadi di Tahun 2023

Fenomena alam gerhana matahari yang bakal terjadi di tahun 2023.--

BACA JUGA:Astaghfirullah, Ternyata Gerhana Matahari Pertanda Datang Hari Kiamat, Ini Anjuran Rasulullah SAW Pada Umatnya

Gerhana Matahari Cincin atau disebut juga dengan Gerhana Annular, terjadi apabila bulan pada saat puncak gerhana hanya menutup sebagian dari piringan matahari.

Sedangkan, Gerhana Bulan Sebagian terjadi ketika bulan melintas di antara matahari dan bumi. Namun, matahari, bulan, dan bumi tidak berada di titik yang sejajar. Hanya sebagian dari matahari yang akan tampak tertutup.

Sebagaimana diketahui, Gerhana Matahari sendiri adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya. 

BACA JUGA:Info Terkini! Fenomena Alam Gerhana Matahari Diidentikkan dengan Musibah, Benarkah?

Sebaliknya, Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan dan selalu terjadi pada saat fase purnama.

 Terkait dengan fenomena alam tersebut,  GMH ini merupakan fenomena alam yang cukup langka. Untuk Gerhana Matahari sebagian dapat disaksikan di beberapa wilayah di Indonesia dan gerhana matahari total dapat diamati di Biak dan Pulau Kisar. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: