HOT NEWS: Irone Dome, Bikin Israel Bangkrut

HOT NEWS: Irone Dome, Bikin Israel Bangkrut

Iron Dome merupakan sistem pertahanan Israel dalam menghalau rocket. --

PALEMBANG,SUMEKS.COIron Dome (KUBAH BESI), menjadi andalam pertahanan Negara Israel. Irone Dome dikatakan sistem pertahanan tercanggih saat ini. 

Kemampuannya menjatuhkan ribuan roket milik Hamas di Jalur Gaza terbukti ampuh. Saking mumpuninya Israel seperti kebal serangan roket.

Namun, selain canggih system pertahanan ini juga memiliki banyak kelemahan. Terbukti, pada konlik 2023 ini, beberapa roket milik Hamas, Libanon dan Suriah gagal dihancurkan Iron Dome

Roket musuh berhasil menembus sistem pertahanan dan mengenai target. Meski canggih, namun Iron Dome, jika digunakan dalam perang yang berlangsung lama, bisa membuat Israel bangkru. Ya, harga senjata mutahir ini terbilang paling mahal di dunia.

BACA JUGA:Israel Kebal Roket, Irone Dome Sistem Pertahanan Termahal di Dunia. Tapi Banyak juga Kelemahannya Lho!

Berikut beberapa kelemahan Iron Dome. Dikutif dari cnn Indonesia, Iron Dome memiliki 7 kelemahan : 

  1. Iron Dome harganya sangat mahal. 1 unit Rudal Tamir, komponen dari Iron Dome seharga 50 ribu Dollar Amerika atau setara Rp 711 rupiah. Bayangkan jika sehari Israel menembakkan 20 rudal Tamir, Israel harus kehilangan uang lebih kurang 14,2 miliar. 
  2. Jumlahnya sangat  terbatas. Saat ini Israel hanya memiliki 10 unit Iron Dome. 
  3. Butuh jumlah yang banyak. Untuk mencegat 1 rudal atau roket musuh, terkadang harus meluncurkan dua rudal Tamir yang harganya sangat mahal. Ini untuk memastikan bahwa rudak tersebut tidak lolos dan menghantam area pemukiman warga.
  4. Iron Dome tidak bisa mencegat rudal dalam jumlah banyak yang dikirim secara bersamaan.  Terbukti dari 34 roket yang dikirim Hamas, pada konflik 2023 ini, 9 roket lolos dan tidak mampu dicegat oleh system pertahanan Iron Dome
  5. Tidak bisa mencegat rudal/roket musuh yang ditembak dari arah yang berjauhan. Tahun 2014 Iron Dome kewalahan ketika Hamas membanjiri Iron Doom dengan peluncuran rudal yang terkoordinasi dan dalam jumlah banyak.
  6. Waktu terbang Rudal Tamir untuk mencegat rudal lawan sangat pendek.
  7. Jangkauan Iron Dome sangat sempit. System pertahanan ini awalnya dikembangkan untuk melindungi areal system pertahanan militer dari serangan roket lawan. Karenanya jangkauan area Iron Dome sangat sempit dan tidak mampu menjangkau pada jarak yang luas. 

BACA JUGA:Rakyatnya Tunggang Langgang, Israel Batal Kirim Iron Dome ke Ukraina, Zionis Siaga Satu Diserang Tiga Penjuru

Irone Dome (kubah besi) adalah system pertahanan anti rudal milik Israel. System pertahanan inilah disebut-sebut menjadikan Israel kebal serangan roket.

System pertahanan ini iron dome ini dilengkapi dengan rudal tamir. Rudal ini cukup mahal. 1 unit rudal tamir seharga 50 ribu dollar amerika atau setara Rp 711 rupiah.

Dikutif dari Narasi Newsroom, Rudal Tamir memiliki jangkauan 69 kilometer, dengan tinggi 3 meter. Rudal tamir ini ditempatkan dalam satu system peluncuran. 1 system peluncuran dilengkapi 20 unit rudal tamir.

Apa itu rudal tamir ? Tamir akronim dari til meyaret berarti pencegat peluru kendali.  Setiap misil dilengkapi sensor dan sirip untuk memastikan misil bertarbarakan dengan rudal musuh.

BACA JUGA:Blunder! Iron Dome Israel Digambarkan Seniman Seperti Tokoh Super Hero, Tapi Disebut Jiplak Kapten Amerika

Saat ini, Israel memiliki 10 unit iron dome. Irone dome ini bisa dibawah dan dipindahkan kemanapun dalam waktu singkat.

Iron dome, berpusat di darat dan didesain untuk melumpuhkan dan mencegat rudal jarak pendek. Senjata ini diklaim mampu mengnancurkan rudal 155 milimeter yang ditembakkan dari jarak 4 sampai 70 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: