Lapang, Ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Sepanjang 596 KM Siap Dilalu Pemudik Lebaran 1444H/2023M

Lapang, Ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Sepanjang 596 KM Siap Dilalu Pemudik Lebaran 1444H/2023M

Pintu Gerang Tol Keramasan Palembang yang masuk ruas JTTS--

Persiapan mulai dari fisik dan memastikan kesiapan saldo untuk e-tol supaya menghindari kemacetan. Jika merasa mengantuk atau lelah untuk segera beristirahat, di rest area yang telah disediakan.

BACA JUGA:5 Titik Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Belum Aspal, Pekerja Nonstop 24 Jam, Kebut Jelang Operasional 15 April

''Faktor microsleep menjadi faktor yang cukup crucial di jalan tol. Utamanya pada 2 ruas terpanjang saat memulai perjalanan di JTTS yakni ruas tol Bakter (140km) dan Terpeka (189km),” tuturnya.

Persiapan mudik ini pihak Hutama Karya telah menyediakan sebanyak 21 rest area dengan fasilitas lengkap di ruas toll Bakauheni - Terbanggi Besar dan ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Bahkan kapasitas parkir mencapai lebih dari 3000 kendaraan, 1.106 toilet, 659 toilet tambahan, 11 lokasi SPBU. 

Selain itu disipakan 6 lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 4 (empat) rest area sementara di Ruas Pekanbaru - Dumai dengan fasilitas yang tidak kalah lengkap dari rest area permanent.

Dukungan Pemerintah

Melalui Kementerian Keuangan lewat Penyertaan Modal Negara (PMN) pemerintah memiliki peranan penting untuk pembangunan nasional termasuk infrastruktur. 

Pada pembangunan mega proyek JTTS yang ditugaskan oleh Pemerintah, Hutama Karya telah menerima modal lewat  APBN sebesar 83,6 triliun rupiah yang diberikan secara bertahap, sejak 2015.

Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui akun instagramnya @smindrawati juga mengatakan infrastruktur dapat menopang kemajuan ekonomi.

BACA JUGA:5 Titik Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Belum Aspal, Pekerja Nonstop 24 Jam, Kebut Jelang Operasional 15 April

Uang APBN, didalmnya uang dari pajak Anda diinvestasikan untuk membangun Infrastruktur yang sangat penting dan strategis menopang kemajuan ekonomi, menciptakan pemerataan kesejahteraan dan mendorong kemajuan seluruh pelosok Indonesia.

Misalnya ada 13 jumlah ruas JTTS yang pembangunannya dibantu oleh Penyertaan Modal Negara PMN. Diantaranya seperti Ruas Medan-Binjai, Palembang - Simpang Indralaya, Pekanbaru - Dumai, Sigli - Banda Aceh, & Binjai - Langsa.

Atas sinergi pemerintah melalui Kementerian Keuangan bersama Hutama Karya, Koentjoro berharap PMN dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Kondisi terkini jalan tol, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: