Pemudik Melintas di Wilayah Sumsel Wajib Tahu Daerah Rawan Macet-Longsor

Pemudik Melintas di Wilayah Sumsel Wajib Tahu Daerah Rawan Macet-Longsor

Pasar Tumpah.--

Pemudik Melintas di Wilayah Sumsel Wajib Tahu Daerah Rawan Macet-Longsor

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dinas Perhubungan Sumatera Selatan (Sumsel) memetakan jalur yang berpotensi mengalami kemacetan hingga bencana alam, saat dilalui pemudik Idulfitri 1444 Hijriah.

Pemudik diimbau waspada saat melintasi wilayah Sumatera Selatan karena terdapat daerah yang berpotensi macet hingga bencana alam saat mudik Lebaran nanti. Adapun daerah rawan macet terjadi di beberapa tempat akibat kerap terjadi penumpukan kendaraan dan pasar tumpah. 

"Keadaan seperti sudah biasa terjadi, apalagi tahun ini diprediksi pemudik akan meningkat dibandingkan biasanya," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Ari Narsa, saat dihubungi, Sabtu 8 April 2023. 

Guna mengantisipasi hal itu, Ari Narsa mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan dan sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait untuk segera ditindaklanjuti. Tujuannya, agar arus mudik dan balik berjalan lancar dan aman. 

BACA JUGA:Hore, Mudik Lebaran 2023 Lewat Ruas Tol Ini ada Diskon 20 Persen Catat Tanggalnya

"Sudah kita petakan daerah-daerah yang masuk kategori rawan, bisa diwaspadai pemudik dan juga ditangani pihak terkait," ujarnya.

Ari menambahkan, pemudik diperkirakan meningkat sekitar 20 persen lantaran tidak ada lagi pembatasan dari pemerintah. Sementara, moda transportasi seluruhnya akan beroperasi dan menyatakan siap. Masing-masing moda transportasi yang digunakan yakni, angkutan darat, laut, udara, dan kereta api.

"Pada dasarnya kita siap menyambut arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, mudah-mudahan berjalan lancar," tukas Ari.

Adapun jalan yang sudah dipetakan Dishub Sumsel mengalami kemacetan dan berpotensi mengalami bencana alam yakni, Jalan Indralaya-Palembang, Km 12 Palembang-Betung, dan Sekayu. Ada juga di Jalan Lintas Tengah Sumatera yang berada di Prabumulih, Muara Enim, dan Martapura Ogan Komering Ulu Timur.

Pemudik juga mesti waspada kemacetan akibat pasar tumpah yang terjadi di Pasar Indralaya (Ogan Ilir), Pasar Tugu Mulyo (Ogan Komering Ilir), Pasar Padang Tepong, Pasar Pendopo (Muara Enim), dan Pasar Jarai (Lahat).

BACA JUGA:Layani Arus Mudik, Pemkot Prabumulih Dirikan Pos Pantau di Exit Tol

Kemudian daerah rawan kecelakaan berada di Sugi Waras-batas Kabupaten Lahat, Tebing Tinggi-Tanjung Raya, Tanjung Raya-batas Bengkulu, Pagaralam-Tanjung Raya, Talang Padang-Padang Tepong, dan Muara Siban-Simpang Embacang.

Sementara daerah rawan longsor dan banjir berada di Simpang Martapura-Muara Dua, Simpang Campang-Ujan Mas, Ujan Mas-batas Bengkulu, Muara Dua-Kota Batu, Sugi Waras-Lahat, Sekayu-Lubuklinggau, Pagaralam-Tanjung Raya, dan ruas jalan Lahat-Muara Enim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: