Luar Biasa, Babinsa Koramil Sungai Menang Gagalkan Pembajakan Kapal

Luar Biasa, Babinsa Koramil Sungai Menang Gagalkan Pembajakan Kapal

Pelaku pembajakan kapal (tiga dari kiri). foto: istimewa--

Luar Biasa, Babinsa Koramil Sungai Menang Gagalkan Pembajakan Kapal 

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Prajurit Kodim 0402/OKI menggagalkan aksi pembajakan kapal di wilayah perairan Sungai Badak, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

"Ya salah satu prajurit Kodim 0402/OKI dari  Babinsa Koramil 402-13/Sungai Menang, yakni Serka Tri Ari Wibowo berhasil gagalkan aksi pembajakan kapal diwilayah perairan Desa Sungai Badak, Jumat 7 April 2023 kemarin," kata Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Henda Saputra SSos MM MIPol. 

Diungkapkan Hendra, aksi pembajakan kapal itu dilakukan pelaku menggunakan senjata api rakitan (senpira). Dimana kejadian itu berawal pada pukul 15.25 WIB saat Serka Tri Ari Wibowo melaksanakan monitoring rutinitas wilayah Desa Sungai Badak, desa binaannya. Desa Sungai Badak merupakan wilayah perairan.

Saat sedang melakukan patroli menggunakan kapal kecil, Babinsa Koramil 402- 13/Sungai Menang ini, melihat ada dua orang yang mencurigakan menggunakan kapal kecil sedang memepet sebuah kapal.

BACA JUGA:Slot untuk Pendaftaran Mudik Gratis Kapal Laut dan Kereta Api Kuotanya Masih Tersedia

"Aksi 2 orang yang mencurigakan ini berhasil mendekat dan ternyata 2 orang ini preman sedang meminta BBM yang diangkut oleh kapal milik PT Bumi Mekar Hijau (BMH)," jelas Hendra Saputra, Sabtu 8 April 2023.

Aksi kedua preman itu dilakukan dengan dengan cara menodongkan senpira, setelah terjadi percekcokan di atas kapal dan melihat situasi lengah, barulah Serka Tri Ari Wibowo berhasil merebut senpira yang dipegang pelaku.

"Jadi dengan kesigapan Babinsa dan personel kapal berhasil menangkap 1 orang pelaku sedangkan 1 orang pelaku  lainnya berhasil melarikan dir," terang Dandim Hendra Saputra. 

Pelaku yang berhasil ditangkap, langsung diamankan di Dermaga Sungai Badak. Selanjutnya Kodim 0402/OKI melaporkan ke komando atas dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk proses selanjutnya.

"Dari kejadian pembajakan kapal tersebut diamankan 1 orang pelaku dengan barang bukti 1 pucuk senjata rakitan berbentuk pistol dan 4 butir amunisi tajam," tutupnya.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: