Gagal Jalur SPAN Bisa Ikuti Jalur UMPTKIN 2023, Berikut Daftar 10 Kampus Peminat Terbanyak

Gagal Jalur SPAN Bisa Ikuti Jalur UMPTKIN 2023, Berikut Daftar 10 Kampus Peminat Terbanyak

Ilustrasi--

PALEMBANG- SUMEKS.CO- Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) akan dimulai 10 April 2023 ini. Setelah sebelumnya digelar Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

Seleksi UM-PTKIN tahun ini 2023 akan berbeda dengan pola seleksi 2022. Bagi mereka yang belum lolos SPAN Bisa Ikuti jalur Ujian Masuk.

Di Kota Palembang ada Kampus Universitas Islam Negeri -UIN Raden Fatah Palembang. Di Lampung ada UIN Reden Intan Lampung. Di jambi ada UIN Sulthan Thaha Saifuddin, dan Bengkulu add UIN Fatmawati Sukarno.

Menurut Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) nasional PTKIN Imam Taufiq , tahapan yang telah dan akan dilalui penjaringan  calon mahasiswa baru di PTKIN tahun 2023.

Pada UMPTKIN disediakan minimal 40 persen kuota mahasiswa baru dari seluruh jalur PMB di PTKIN.

Tahun lalu yang menerapkan ujian daring dari rumah masing-masing. Namun tahun ini  akan dilaksanakan secara online-onsite, peserta hadir ke lokasi ujian.

Mengerjakan soal lewat sistem CBT dan diawasi langsung para pengawas," pungkas Imam Taufiq yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Besongo.

Pada UM PTKIN disediakan minimal  40 persen kuota mahasiswa baru dari seluruh jalur PMB di PTKIN.

Staf Ahli Menteri Agama RI Bidang Hukum dan HAM Abu Rokhmad mengatakan, ujian Masuk melalui mekanisme ujian adalah untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkompeten sesuai dengan stabdar nikaindi PTKIN.

"Ya lewat ujian masuk yang berkualitas tentunya akan mwnghadirkan mahasiswa yang berkualitas," jelas Abu Rokhmad.

BACA JUGA:Registrasi Akun SNPMB Calon Peserta UTBK – SNBT 2023, Tinggal 4 Hari Lagi

Sebelumnya telah dilakukan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) . Ketua Panitia SPAN PTKIN Imam Taufiq mengatakan, total ada 75.362 siswa yang dinyatakan lulus seleksi. 

“Alhamdulillah, seluruh tahapan SPAN PTKIN selesai.  Ada 75.362 siswa yang mendaftar dan dinyatakan lolos seleksi. Mereka berhak kuliah di sejumlah PTKIN yang dipilih,” terang Imam Taufiq di Semarang.

Jumlah calon mahasiwa  baru yang lolos seleksi tahun ini lebih banyak dibanding pada SPAN PTKIN 2022. ''Saat itu, ada 73.944 siswa yang dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: