Kemenkumham Babel Harmonisasi Ranperda Bangka Tengah tentang Pajak dan Retribusi Daerah

Kemenkumham Babel Harmonisasi Ranperda Bangka Tengah tentang Pajak dan Retribusi Daerah

Kanwil Kemenkumham Babel harmonisasi Ranperda Kabupaten Bangka Tengah tentang pajak daerah dan retribusi daerah--

Kemenkumham Babel Harmonisasi Ranperda Bangka Tengah tentang Pajak dan Retribusi Daerah

PANGKALPINANG, SUMEKS.COKemenkumham Babel melaksanakan fasilitasi harmonisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Bangka Tengah tentang pajak daerah dan retribusi daerah, Kamis 6 April 2023.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat sekretariat daerah pemkab Bangka Tengah, nomor 180/168/SETDA/2023, tanggal 28 Maret 2023, perihal permohonan sinkronisasi dan harmonisasi terhadap Raperda tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi atas sinergi yang baik dengan Pemkab Bangka Tengah dalam harmonisasi produk hukum daerah.

Harmonisasi rancangan produk hukum daerah  dilaksanakan agar produk hukum daerah dapat selaras, harmonis, aspiratif dan sesuai dengan asas pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik.

BACA JUGA:Partai Golkar Sumsel Targetkan Menang Pemilu 2024, BSN Siapkan 10 Personil Hingga Caleg Milenial

"Pajak daerah dan retribusi daerah perlu diatur dalam perda yang bertujuan untuk optimalisasi pendapatan asli daerah,” ujar Harun.

Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Bangka Tengah, Henry Fransius mengatakan bahwa urgensi pembentukan perda ini merupakan amanat pasal 94 dari Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (UU HKPD), bahwa seluruh jenis pajak daerah dan retribusi daerah ditetapkan dalam 1 peraturan daerah dan menjadi dasar pemungutan pajak dan retribusi di daerah. 

Pada kesempatan ini, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini menyampaikan bahwa pengharmonisasian ini merupakan bagian pelaksanaan amanat Pasal 58 ayat (2) Undang-Undang Nomor 13 tahun 2022 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 12 Tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan. 

Menurut Eva ,Tim Perancang Kanwil Kemenkumham Babel siap berperan aktif membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah dalam proses penyelarasan substansi dan teknik terhadap produk hukum daerah, baik Rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah sesuai dengan standar layanan yang ditetapkan.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Pimpin Upacara Tabur Bunga Peringatan HUT ke 59 Pemasyarakatan

Rapat pengharmonisasian dipimpin oleh Firmansyah Berhard, perancang ahli muda, kanwil kemenkumham Babel, menyampaikan bahwa dari aspek pengaturan materi muatan Raperda tentang pajak daerah dan retribusi daerah pada prinsipnya telah mengakomodir amanat ketentuan Pasal 94 UU hubungan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Namun beberapa catatan adalah terkait kewenangan pemerintah untuk dapat lebih dicermati,” ucap Firman.

Rapat dilanjutkan dengan membahas pasal per pasal untuk didiskusikan bersama. Kemudian hasil draft raperda pengharmonisasian dilakukan paraf oleh setiap undangan rapat dan pembuatan berita acara pengharmonisasian sebagai bagian dari SOP pengharmonisasian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: